URnews

Tren Belanja Meningkat, Industri Wewangian Lokal Kian Diminati Masyarakat

William Ciputra, Kamis, 22 Februari 2024 08.59 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tren Belanja Meningkat, Industri Wewangian Lokal Kian Diminati Masyarakat
Image: Industri wewangian lokal semakin mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. (Urbanasia)

Jakarta - Industri wewangian lokal di Indonesia semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya ditandai dengan bermunculannya brand-brand lokal, pertumbuhan ini juga tampak pada tren penjualan yang mengalami lonjakan.

“Di Tokopedia, penjualan produk parfum naik lebih dari 2 kali lipat selama 2023 dibanding 2020 saat pandemi,” kata Beauty and Personal Care Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli, Rabu (21/2/2024).

Selain parfum, pengharum ruangan seperti reed diffuser juga mengalami peningkatan penjualan. Pada periode yang sama, kata Stefanie, penjualan reed diffuser mengalami peningkatan hingga lebih dari 13 kali lipat.

Di sisi lain, data internal TikTok juga mencatat nilai transaksi untuk produk parfum lokal di Shop | Tokopedia pada Januari 2023 mengalami kenaikan 100% dibandingkan dengan bulan yang sama di tahun lalu. 

Data internal TikTok, kata Stefanie, menunjukkan para pembeli produk parfum lokal terdiri dari berbagai latar belakang, dan jumlah pembeli produk parfum lokal berjenis kelamin laki-laki dan perempuan di Shop | Tokopedia pun seimbang.

Stefanie pun mengungkap beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan ini. Salah satunya adalah kampanye Beli Lokal yang diluncurkan pada 12.12 Harbolnas tahun 2023 lalu.

Ada juga kampanye Tokopedia Beauty yang memberikan promo diskon hingga 90%, rilisan produk eksklusif, flash sale dan bebas ongkir agar masyarakat dapat berbelanja online produk kecantikan dan perawatan tubuh dengan hemat, termasuk parfum.

Tokopedia juga memberikan kemudahan bagi masyarakat mendapatkan produk rumah tangga, termasuk pengharum ruangan seperti reed diffuser, melalui kampanye Home Living Inspiration.

Berkat beragam kampanye yang dihadirkan, Tokopedia mencatat beberapa daerah di Indonesia mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi produk parfum selama 2023.

Daerah-daerah itu meliputi Padang Pariaman (Sumatra Barat), Kab. Pesawaran (Lampung), Demak (Jawa Tengah), Semarang (Jawa Tengah), dan Kampar (Riau), dengan kenaikan rata-rata hingga lebih dari 3,5 kali lipat.

Beberapa daerah di Indonesia dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi produk reed diffuser selama 2023, antara lain DKI Jakarta, Semarang (Jawa Tengah), Surabaya (Jawa Timur), Makassar (Sulawesi Selatan), Balikpapan (Kalimantan Timur), dengan kenaikan rata-rata hingga lebih dari 17 kali lipat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait