Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Nggak Selalu Mual, Ini 6 Ciri-ciri Hamil yang Dirasakan Bumil

Kintan Lestari,
12 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Nggak Selalu Mual, Ini 6 Ciri-ciri Hamil yang Dirasakan Bumil
Image: Ilustrasi ibu hamil mual. (Freepik/senivpetro)

Jakarta - Kehamilan jadi salah satu momen yang ditunggu banyak pengantin baru. Namun begitu momen tersebut terjadi, banyak yang tidak sadar karena ciri-ciri hamilnya tidak terlihat.

Yap, umumnya seorang perempuan dibilang hamil bila mereka mengalami mual di pagi hari atau istilah kerennya morning sickness. Padahal, ada loh perempuan yang nggak mengalami morning sickness sepanjang masa kehamilannya.

Ada ciri-ciri hamil lain pada calon ibu yang tidak disertai rasa mual dan ingin muntah. Apa saja?

1. Muncul Flek atau Darah

1621387667-masalah-menstruasi3---freepik-.jpgSumber: Masalah Menstruasi. (Freepik)

Flek atau darah rupanya juga muncul pada perempuan yang tengah hamil. Dan ini membuat mereka terkecoh dan merasa dirinya sedang menstruasi. Padahal ini adalah pendarahan implantasi.

Pendarahan implantasi berbeda dengan pendarahan saat menstruasi. Darah yang keluar dari vagina saat pendarahan implantasi berwarna coklat seperti flek atau merah muda, sementara darah menstruasi warnanya lebih pekat dan jumlah darahnya lebih banyak.

2. Payudara Bengkak

IlustrasiIbuHamil.jpgSumber: Ilustrasi ibu hamil. (Unsplash @joeythompson)

Saat wanita tengah hamil, umumnya terdapat perubahan pada payudara mereka, seperti terasa nyeri, sensitif, juga membengkak. Begitu pun dengan puting payudara. 

Dari yang sebelumnya puting serta aerola (daerah sekitar puting) berwarna agak merah, saat hamil umumnya warna tersebut cenderung jadi lebih hitam.

3. Mimisan

1633584935-mimisan.jpgSumber: Ilustrasi mimisan. (Unsplash/Velizar Ivanov)

Mimisan ternyata juga salah satu ciri-ciri hamil loh. Penyebabnya karena saat hamil hormon meningkat dan membuat hidung lebih mudah bengkak, kering, dan berdarah. 

4. Perubahan Mood

1608621117-mood.jpgSumber: Ilustrasi mood. (Freepik/mizkit)

Ciri lain yang menunjukkan perempuan tengah hamil adalah suasana hati mereka yang cepat berubah. 

Mood swing ini terjadi karena hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh ibu hamil meningkat, yang mana memengaruhi kerja neurotransmitter di otak sehingga menyebabkan emosi dan suasana hati ibu hamil cepat berubah.

5. Terus Buang Air Kecil

1633584928-buang-air-kecil.jpgSumber: Ilustrasi buang air kecil. (Freepik/gpointstudio)

Ciri-ciri hamil lainnya yaitu bila perempuan sering bulak-balik ke toilet untuk buang air kecil. Ini disebabkan hormon hCG (human chorionic gonadotropin), yang membuat produksi urine dalam tubuh meningkat sehingga kandung kemih lebih mudah penuh.

Dorongan untuk buang air kecil juga terjadi karena ukuran rahim ibu hamil yang kian membesar, sehingga menekan kandung kemih.

6. Sembelit

1633584940-sembelit.jpgSumber: Ilustrasi sembelit. (Freepik/katemangostar)

Meski umumnya terjadi karena pola makan yang kurang baik, sembelit rupanya juga bisa jadi pertanda kehamilan. Ini terjadi karena rahim semakin membesar dan akhirnya menekan usus, yang mana menyebabkan pergerakan usus menjadi lebih lambat dan berakhir dengan sembelit.

Itu dia Urbanreaders ciri-ciri hamil yang tidak disertai mual. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait