Jakarta - Menangis adalah salah satu respons alami terhadap perubahan emosi seperti rasa sedih, frustasi, duka, bahkan kebahagiaan.

Tapi, banyak orang enggan atau lebih memilih untuk menahan tangisan karena berbagai alasan seperti malu, tidak mau dianggap lemah, atau kebiasaan didikan sejak kecil bahwa menangis hanyalah untuk anak kecil.

Atas dasar inilah, kita sering menanamkan pada diri kita sendiri untuk menahan diri, menutupi, hingga mengesampingkan perasaan kita yang sebenarnya. Kebiasaan ini ternyata nggak sehat loh, guys.

Emosi yang dibiarkan menumpuk tak tersalurkan, bakal menghambat kemampuan kita untuk merasakan emosi yang lain, seperti cinta dan kebahagiaan.

Dilansir dari shoutbabble.com, berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menangis.

1. Memberi Rasa Lega

1605923339-lega.jpgSumber: Freepik

Menurut sebuah penelitian, saat menangis, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin dan endorfin. Kedua hormon ini dapat membantu diri kamu merasa lebih baik. Pastinya kamu sudah tahu kan, bahwa oksitosin adalah penghilang rasa stres?

Makin tinggi kadar oksitosin yang diproduksi dalam tubuh, maka makin rendah detak jantung dan tekanan darah, yang biasanya meningkat saat kamu merasa tidak nyaman.

2. ‘Mendinginkan’ Kepala

1605923394-mendinginkan-kepala.jpgSumber: Freepik

Saat kamu lagi dipenuhi emosi negatif, nggak hanya hati yang biasanya kacau. Kepala pun ikut ‘panas’ dan nggak bisa berpikir jernih.

Saat menangis terutama dengan tersedu-sedu, biasanya kamu akan lebih banyak menghirup udara segar. Udara segar yang banyak masuk ke dalam tubuh akan membantu ‘mendinginkan’ kepalamu dan membuatmu bisa lebih tenang untuk memikirkan solusinya.

3. Memahami Permasalahan yang Sebenarnya

1605923318-memahami-permasalahan.jpgSumber: Freepik

Yang namanya emosi biasanya berlawanan dengan logika. Saat lagi penuh emosi, kamu bakal sulit untuk bisa melihat permasalahan dengan jelas.

Nah, sesudah kamu puas menangis, emosi kamu bakal mereda sehingga kamu mulai bisa memahami alasan yang membuat kamu merasa sedih atau kecewa. Dengan begitu, kamu akan bisa menemukan solusi dengan lebih baik.

4. Tidur Lebih Nyenyak

1605923356-tidur-nyenyak.jpgSumber: Ilustrasi tidur (Freepik)

Kamu nyadar nggak sih bahwa sesudah menangis biasanya muncul rasa kantuk? Hal ini karena saat menangis, tubuh kita pun ikut mengeluarkan racun-racun sekaligus hormon stres yang ada dalam diri kita.

Inilah kenapa sesudah menangis kamu akan mengantuk dan biasanya tidur dengan lebih nyenyak.

5. Membersihkan Hidung

1605923373-membersihkan-hidung.jpgSumber: Freepik

Ketika kamu menangis, biasanya hidung juga ikut meler, kan? Nah, proses ini pun memberi banyak manfaat buat kamu, guys. Jumlah cairan yang keluar dari dalam hidung akan ikut membantu tubuh mengeluarkan bakteri dan kotoran dari dalam hidung.

6. Menjauhkan Diri dari Penyakit

1605923274-menjauhkan-dari-penyakit.jpgSumber: Ilustrasi menangis (Freepik)

Emosi yang negatif akan menghasilkan banyak hormon kortisol pada tubuh kamu. Hormon ini membuat imun tubuh kamu menurun, sehingga kamu rentan terkena penyakit seperti flu.

Dengan menangis, kadar hormon kortisol dari dalam tubuh akan menurun, sehingga imun tubuh kamu tetap kuat dan kamu pun bakal terhindar dari penyakit.

7. Mendapat Dukungan dari Orang Lain

1605923215-dukungan.jpgSumber: Freepik

Kadang kala, sangat sulit untuk mengatakan bahwa kita butuh bantuan. Padahal, nggak semua orang bisa dengan mudah melihat bahwa kita sedang dalam kondisi sulit.

Menangis adalah tanda yang paling jelas bahwa kamu sedang butuh dukungan dan bantuan dari orang lain. Dengan begitu, orang terdekatmu bakal tak segan untuk membantu membuatmu merasa lebih baik. Hal ini juga bisa memperkuat ikatan emosional antara kamu dan keluarga atau sahabatmu, loh.

Jadi, jangan malu untuk menangis, guys!

Komentar
paper plane