Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Niat Tayamum Lengkap dengan Tata Caranya

Elga Nurmutia,
27 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Niat Tayamum Lengkap dengan Tata Caranya
Image: Ilustrasi Tayamum. (Unsplash/ Mufid Majnun)

Jakarta - Tayamum merupakan cara dari Allah SWT untuk memberikan kemudahan bagi umatnya. Dalam melakukan tayamum tentunya diperlukan niat dari seseorang tersebut. 

Tayamum ini merupakan cara untuk mengganti wudhu bagi umat Islam dalam kondisi tertentu. Karena, sebelum melakukan salat umat Islam harus melakukan wudhu agar menjadi suci. Hal itu menjadi sebuah salah satu salat dan juga ibadah lainnya. 

Berikut, niat tayamum dan juga tata caranya, yang telah Urbanasia rangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/9/2021).

Niat Tayamum

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاسْتِبَاحَةِ الصَّلَاةِ للهِ تَعَالَى

Nawaitut tayammuma lisstibaahatish shalaati fardlol lillaahi ta'aalaa.

Artinya: Aku berniat tayamum agar diperbolehkan sholat karena Allah ta'ala.

Tata Cara Tayamum

1. Siapkanlah tanah berdebu atau debu yang bersih. Jika kamu sedang berada dalam perjalanan, bisa menggunakan jendela yang bersih.

2. Saat kondisi sakit parah berada di kamar atau rumah sakit, kamu bisa memilih dinding yang memiliki debu bersih dan bebas dari najis.

3. Lalu, menghadap kiblat, dan mengucapkan basmalah. Kamu bisa meletakkan kedua telapak tangan ke debu serta posisi jari-jari tangan dirapatkan.

4. Lalu kamu bisa langsung mengusapkan kedua telapak tangan ke seluruh wajah dan juga membacakan niat dalam hati. 

5. Tayamum ini memiliki perbedaan dengan wudhu. Dalam melakukan tayamum tidak ada syarat untuk mengusap bagian yang terletak bawah rambut atau bulu wajah. Namun, hal yang paling penting ini meratakan debu ke seluruh bagian wajah.

6. Selanjutnya, letakkan lagi telapak tangan pada debu, alangkah baiknya di tempat yang berbeda dari tepukan dinding sebelumnya. Kali ini kamu bisa meregangkan jari-jari, jika kamu menggunakan cincin sementara harus dilepas dulu.

7. Kemudian, usaplah telapak tangan kiri pada punggung tangan kanan ke arah bagian dalam lengan sampai siku. Lalu, balikkan telapak tangan kiri pada bagian dalam lengan kanan, selanjutnya usapkan hingga pada bagian pergelangan.

8.Bagian terakhir, kamu bisa usapkan bagian jempol kiri pada bagian punggung jempol kanan. Selanjutnya lakukan seperti itu juga pada tangan kiri.

9. Pertemukanlah kedua telapak tangan serta usap-usapkan di antara jari-jari kamu.

Doa Setelah Tayamum

 أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. أَللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِن عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ. سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ أَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ. 

Asyhadu anlaaa ilaaha illallah wahdahuu laa yasrikalahu wasyhadu anna muhammadan 'abduhuu warasuuluhu. allahumaj'alnii minat tawwabiina waj'alnii minal mutathohhiriina waj'alnii min 'ibadikash shoolihin. subhaanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaa ilaaha illa anta astaghfiruka watuubu ilaiika. 

Artinya:  Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, Maha Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang ahli taubat, jadikanlah aku termasuk orang yang ahli bersuci dan jadikanlah aku termasuk golongan hamba-hamba-Mu yang shalih. Maha Suci Engkau Ya Allah dan dengan memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.

Nah, itu dia niat tayamum dan tata caranya. Bagaimana mudah bukan? Semoga bermanfaat bagi Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait