Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Nonton MotoGP Mandalika? Ini 5 Oleh-oleh Khas Lombok yang Bisa Dibeli

Anisa Kurniasih,
8 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Nonton MotoGP Mandalika? Ini 5 Oleh-oleh Khas Lombok yang Bisa Dibeli
Image: Wisatawan saat menikmati kawasan KEK Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB. (kemenparekraf.go.id)

Jakarta - Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, NTB akan segera menjadi tuan rumah MotoGP Indonesia yang akan dilangsungkan pada 18-20 Maret 2022 mendatang. Sebelumnya, Mandalika Gran Prix Association (MGPA) pun telah merilis harga tiket dan denah lokasi penonton.

Tak hanya bisa menyaksikan ajang balap motor Internasional, penonton juga bisa melihat keindahan sirkuit sepanjang 4.310 kilometer  dengan pemandangan yang langsung mengarah pada perbukitan dan kawasan pantai di Mandalika.

Kamu yang berkesempatan untuk berkeliling dan mengunjungi berbagai destinasi wisata di sekitar Mandalika dan Lombok, jangan langsung pulang ya. Luangkanlah waktu untuk membeli berbagai macam oleh-oleh khas Lombok yang unik untuk kerabat dan keluarga tercinta.

Melansir situs Kemenparekraf, banyak pilihan oleh-oleh khas Lombok yang bisa dijadikan pilihan. Berikut rekomendasinya!

1. Madu Sumbawa

1606957811-madu.jpgSumber: Ilustrasi madu (Freepik)

Berlibur ke Lombok kurang lengkap kalau tidak membawa pulang madu khas Sumbawa. Bukan berwarna cokelat, madu khas Sumbawa justru berwarna putih karena berasal dari lebah yang tinggal di dekat sarang burung walet.

Menariknya, madu khas Sumbawa dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit loh. Maka, tidak heran jika jenis madu satu ini selalu menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung.

2. Dodol Rumput Laut

1635759498-rumput-laut.jpgSumber: Ilustrasi rumput laut (Freepik)

Oleh-oleh khas Lombok yang tidak kalah menarik dan unik adalah dodol rumput laut. Berbeda dengan dodol pada umumnya, dodol khas Lombok ini terbuat dari rumput laut, berwarna bening, bertekstur lembut mirip jelly, dan tidak lengket. Tertarik?

3. Susu Kuda Liar

1624330229-susu---freepik-jcomp.jpgSumber: Susu. (Freepik/jcomp)

Oleh-oleh selanjutnya adalah susu kuda liar. Rasa susu kuda liar dari Sumbawa agak unik, karena memiliki rasa yang sedikit asam, namun dipercaya sangat berkhasiat dan dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit.

4. Ketak

Selain makanan, kamu yang ingin membawakan cindera mata sebagai buah tangan juga bisa  membeli kerajinan dari ketak. Ini salah satu oleh-oleh khas Lombok yang sangat unik. 

Buat yang belum tahu, ketak adalah tanaman liar yang berserat kuat. Ada banyak kerajinan khas Lombok yang terbuat dari ketak, seperti kerajinan tas, alas piring, alas gelas, atau bahkan sebagai tempat aksesoris.

5. Kain Tenun Lombok

Selain itu, kain tenun khas Lombok juga bisa jadi pilihan loh Urbanreaders. Menenun adalah kegiatan yang dilakukan hampir seluruh penduduk asli Lombok. Oleh karena itu, jangan lupa membeli kain tenun khas Lombok sebagai oleh-oleh orang terkasih, yaitu kain songket Sasak.

Kain tenun songket Sasak memiliki kualitas yang bagus dengan berbagai desain menarik. Wisatawan bisa membelinya dalam bentuk masih berupa kain, atau sudah menjadi baju, syal, hingga sarung.

Berbeda dengan kain tenun pada umumnya, kain tenun khas Lombok punya ciri khas yang unik, yaitu hiasan timbul yang ditenun menggunakan benang emas, benang perak, atau benang katun berwarna.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait