Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Omicron Menggila, Kasus COVID-19 di AS Tembus 1 Juta Sehari

Nivita Saldyni,
17 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Omicron Menggila, Kasus COVID-19 di AS Tembus 1 Juta Sehari
Image: ilustrasi COVID 19 varian Omicron (Foto: Antara)

Jakarta - Amerika Serikat (AS) mencetak rekor baru dalam jumlah kasus harian COVID-19 global. Sebanyak 1 juta lebih kasus COVID-19 dilaporkan AS dalam satu hari pada Senin (3/1/2022).

Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins (JHU), AS mencatat ada 1.082.549 kasus terkonfirmasi positif COVID-19 baru pada 3 Januari 2022. Hal ini terjadi karena dipicu hadirnya varian Omicron yang menyebar dengan cepat ke seluruh penjuru negara itu sejak terdeteksi pada 1 Desember 2021 lalu.

Bahkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menyebut bahwa varian Omicron diperkirakan menyumbang lebih dari 95 persen infeksi COVID-19 di AS pada 1 Januari 2022, menurut laporan Reuters pada Selasa (4/1/2022).

Dilansir dari BuzzFeed, jumlah kasus baru ini diketahui naik dua kali lipat dalam tujuh hari terakhir, di mana rata-rata 480 ribu kasus dilaporkan dalam satu hari. Lonjakan ini sendiri terjadi usai CDC memperbaharui pedoman karantina pada 27 Desember 2021 lalu dengan merekomendasikan agar periode karantina dibuat lima hari lebih pendek untuk pasien OTG.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusian (HHS) negara itu pun mengatakan jumlah orang yang dirawat di rumah sakit dengan COVID-19 melonjak melewati puncak gelombang varian Delta pada awal September 2021. Data HHS juga menyebut, sekitar 26 persen tempat tidur ICU dari 5.448 rumah sakit nasional digunakan untuk kasus COVID-19 pada Selasa lalu.

Kini, fase baru pandemi COVID-19 ini telah membuat pengujian sulit diakses, sistem pelayanan kesehatan mengalami krisis, sejumlah usaha harus kembali ditutup, krisis buruh, termasuk sekolah yang harusnya sudah kembali dimulai minggu ini setelah masa liburan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait