Hot News

Jakarta - Pandemi COVID-19 memaksa kita untuk sebisa mungkin melakukan aktivitas di rumah saja. Begitu juga dengan belajar.

Anak-anak sekolah kini belajar online dari rumah masing-masing. Kondisi tersebut tentu membuat mereka jenuh dan bosan yang berujung stres.

Begitu juga dengan orang tuanya. Mereka harus bekerja dari rumah, mendampingi anaknya belajar daring, serta mengurus pekerjaan rumah tangga.

Lantas bagaimana cara untuk mengatasi kondisi tersebut supaya baik orang tua dan anak bebas stres di tengah kondisi sekarang ini?

Psikolog Keluarga, Ajeng Raviando, menyatakan pentingnya kesehatan jiwa, ketenangan pikiran, dan kekuatan mental orang tua dan anak. Karena itu semua akan mempengaruhi psikologis keduanya.

"Dengan menghadapi besarnya perubahan kehidupan seperti harus selalu menjaga jarak, belajar dan bermain dari rumah, mempengaruhi psikologis orang tua dan anak," jelas Ajeng dalam diskusi daring bertajuk “Jaga Kesehatan, Gembira Belajar di Rumah, Bebas Stres” yang diadakan Frisian Flag Indonesia (FFI) pada Rabu, 29 Juli 2020, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2020. 

"Untuk menyikapinya, orang tua harus mampu menyesuaikan diri dan menjadikan rumah sebagai lingkungan edukatif yang menyenangkan dan menghadirkan kegembiraan bagi anak-anak," lanjutnya. 

Bagaimana menjadikan rumah sebagai lingkungan edukatif yang menyenangkan? Berikut tipsnya!

1. Ciptakan komunikasi yang baik dengan anak-anak.
2. Tata ruangan yang nyaman untuk anak belajar.
3. Buat jadwal, belajar dan bermain harus seimbang.
4. Sediakan makanan dan minuman dengan gizi seimbang, seperti makanan pokok, buah dan sayur sebagai sumber vitamin, daging, telur hingga susu sebagai salah satu sumber protein hewani.

Singkatnya, selama kondisi pandemi ini perlu komunikasi yang baik antara orang tua dan anak. Pasalnya tipe kepribadian anak berbeda-beda.

Jadi orang tua wajib terlebih dulu mengenali kepribadian anaknya. Setelahnya sesuaikan metode pengajaran berdasarkan karakteristik anak.

Dengan demikian kalian bisa menjadi teman belajar yang menyenangkan dan membuat anak-anak nyaman.


Loading ..