Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Pelawak Qomar Idap Kanker Usus Stadium 4C, Tak Bisa BAB Secara Normal

Anisa Kurniasih,
22 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pelawak Qomar Idap Kanker Usus Stadium 4C, Tak Bisa BAB Secara Normal
Image: Pelawak senior Nurul Qomar (@abah.qomar/Instagram)

Jakarta - Pelawak senior Nurul Qomar baru-baru ini mengungkapkan soal penyakit yang dideritanya. Ia divonis dokter mengidap kanker usus stadium 4C.

Bahkan, akibat kanker tersebut, Qomar mengaku tak bisa lagi Buang Air Besar (BAB) secara normal.

"Operasi cukup besar, dokter ahli memvonis kanker ganas ada di pencernaan usus besar dan usus halus, dan stadium empat C, jadi pencernaannya diubah, tidak di anus BAB-nya, pinggang sini, dibuatkan lubang stroma," kata Qomar kepada wartawan di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Qomar awalnya merasakan ada yang aneh pada tubuhnya. Gejala awal yang dialaminya ialah mengalami kesulitan saat buang buang angin dan buang air besar selama sebulan.

"Satu waktu selama satu bulan itu tidak bisa buang air besar dan tidak bisa buang gas (kentut). Keras, (seperti) mau pecah," kata Qomar.

Sebelumnya, lewat akun Instagram pribadinya, Qomar juga menyatakan siap menjalani proses kemoterapi tersebut. 

Kanker tersebut terdeteksi usai Qomar memeriksakan kesehatannya kepada dokter ahli. Pelawak yang tergabung dalam grup Empat Sekawan pun saat ini mulai menjalani kemoterapi sebagai usaha untuk menyembuhkan sakitnya itu.

"Hampir dua bulan ini. Mulai 28 September kemoterapi selama enam bulan ke depan," imbuh Qomar.

"Bro and Sis, hari ini hari pertama Abah Qomar di kemoterapi 2 minggu sekali selama 6 bulan ke depan. Proses yang mesti dijalani. Setiap orang ada guru, setiap tempat adalah sekolah," tulis Qomar dikutip dari akun @abah.qomar, Kamis (30/9/2021). 

"Ini bagian dari sekolah kehidupan yang harus dilalui. Kita usaha semua keluarga teman adalah kekuatan kita. Semoga proses ini mendapat ridho, sehat, panjang umur," lanjutnya. 

Sebagai informasi, di dunia hiburan, Qomar bersama Derry, Eman, dan Ginanjar membentuk grup pelawak yang bernama Empat Sekawan yang dikenal melalui komedi situasi Lika-Liku Laki-Laki. Sepanjang kariernya, Qomar pernah terlibat di dalam beberapa film, yakni Sajadah Ka'bah, Perfect Dream, dan Benyamin Biang Kerok.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by HAJI Nurul QOMAR (@abah.qomar)

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait