beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Pemerintah Bakal Bagikan Paket Kompor Listrik Gratis ke 300 Ribu Rumah

Nivita Saldyni,
10 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pemerintah Bakal Bagikan Paket Kompor Listrik Gratis ke 300 Ribu Rumah
Image: Ilustrasi - kompor listrik. (Dok. Dewan Energi Nasional)

Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian ESDM berencana membagikan paket kompor listrik ke sekitar 300 ribu rumah tangga secara gratis tahun ini. Paket yang diperkirakan nilainya sekitar Rp 1,8 juta itu berisi masing-masing satu kompor listrik, alat masak dan Miniature Circuit Breaker (MCB) atau penambah daya khusus untuk kompor listrik.

"Rencananya tahun ini 300 ribu (penerima). Jadi satu rumah itu dikasih satu paket, kompornya sendiri, alat masaknya sendiri, dayanya dinaikin," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Rida Mulyana di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Oleh karenanya Rida menjelaskan, anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 540 miliar. Nantinya penerima adalah rumah tangga miskin yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Namun ia menyebut masih bisa ada perubahan. Sebab ada masukan dari DPR yang diterima pihaknya agar data kompor listrik yang dibagikan ditambah.

"Rencana awal sama-sama dua tungku, awalnya 800 watt. Sekarang mau dinaikkan lagi salah satunya 1.000 MW. Jadi biar masaknya lebih kencang (cepat)," jelasnya.

Nah apabila ada perubahan maka anggaran juga bakal berubah. Misalnya, kata Rida, dengan daya 800 watt anggarannya Rp 1,8 juta maka dengan daya 1.000 watt bisa naik jadi Rp 2 juta per paket.

"Sekarang masih uji coba, ada usulan yang satu tungkunya dirubah lebih besar. Nah masih dikalkulasi berapa harganya. Harusnya kan nggak Rp 1,8 juta lagi, pasti lebih naik, sekitar Rp 2 juta lah," pungkasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait