Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Pengertian dan Contoh 7 Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

Elga Nurmutia,
10 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pengertian dan Contoh 7 Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui
Image: Ilustrasi matahari. (Freepik/wirestock)

Jakarta - Sumber daya alam yang dapat diperbaharui merupakan sebuah sumber daya alam yang banyak jumlahnya di alam.

Meskipun memiliki jumlah yang banyak, tetap saja manusia harus bijak dalam menggunakan sumber daya alam yang satu ini agar bisa dinikmati oleh generasi selanjutnya.

Kali ini, Urbanasia akan membagikan informasi seputar sumber daya alam yang dapat diperbaharui dari berbagai sumber, Kamis (7/10/2021), sebagai berikut.

1. Matahari 

Matahari merupakan salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Panas dari matahari ini bisa dijadikan sebagai pembangkit listrik untuk tenaga surya. Sehingga dari energi yang satu ini akan menghasilkan listrik dan juga ramah lingkungan. 

2. Angin 

Angin ini merupakan salah satu sumber energi alternatif. Hal itu bisa dijadikan sebagai pembangkit listrik juga. Selain itu, energi yang satu ini bisa digunakan sebagai alternatif irigasi sawah.

3. Air 

Air juga dapat dimanfaatkan menjadi pembangkit listrik. Listrik yang diolah dari air bendungan dan dialirkan dengan turbin serta diubah menjadi energi mekanik. Lalu, diubah sebagai energi listrik dengan menggunakan generator.

4. Tumbuhan 

Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang dapat diperbaharui. Biasanya, tumbuhan ini menjadi sumber makanan bagi manusia dan juga hewan. Namun, meskipun dijadikan sumber makanan tetap bisa berkembang biak lagi. Hal itu bisa dilakukan dengan usahanya sendiri atau dibantu oleh manusia. 

5. Hewan 

Hewan pun sama halnya dengan tumbuhan, hewan ini biasanya dijadikan sebagai bahan makanan bagi kebutuhan hidup manusia. Hewan juga dapat berkembang biak dengan sendirinya dan masuk ke dalam salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

6. Biomassa 

Biomassa merupakan salah satu sumber daya alam yang diperbaharui dari sisa-sisa makhluk hidup yang sudah mati. Sumber daya yang satu ini contohnya seperti, rumput kering, sisa kulit dari kayu bekas mebel, bahkan ada juga dari kotoran hewan. 

Biomassa ini bisa diolah oleh manusia sebagai pupuk kompos. Sementara itu, kotoran hewan bisa dimanfaatkan sebagai energi alternatif pengganti bahan bakar dari gas alam, yakhni biogas. 

7. Geothermal 

Geothermal ini salah satu sumber daya alam yang berasal dari perut bumi. Panas yang terdapat dari perut bumi bisa dimanfaatkan untuk diolah dalam memanaskan air sehingga menimbulkan uap. Lalu, uap tersebut akan dialirkan pada turbin agar dapat menghasilkan energi listrik. 

Nah, itulah 7 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Baik menggunakan mesin, tenaga manusia, maupun diperbaharui dengan sendirinya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait