Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Pengertian dan Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Kintan Lestari,
18 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pengertian dan Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui
Image: Ilustrasi sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. (Freepik/wirestock)

Jakarta - Sumber daya alam terbagi dua jenis. Pertama sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, dan kedua sumber daya alam yang dapat diperbarui. 

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui tentu saja akan habis seiring berjalannya waktu. Sumber daya ini bisa tersedia kembali sebenarnya, tapi itu pun membutuhkan waktu jutaan tahun lamanya.

Butuh waktu sangat lama untuk sumber daya alam ini kembali terbentuk karena proses pembentukannya bergantung pada lingkungan sekitarnya. Jadi bila lingkungan sekitarnya tidak mendukung, bisa saja sumber daya alam tersebut tidak akan pernah ada lagi di muka bumi ini. 

Lalu, apa saja contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui ini? 

Rupanya ada banyak sumber daya yang masuk dalam kategori ini, namun umumnya berupa tambang dan energi fosil. Berikut contoh-contohnya:

1. Emas

Benda yang melambangkan kekayaan ini termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Logam mulia satu ini terbentuk melalui proses magmatisme, yakni kondisi perubahan bentuk dari cairan yang menjadi padatan karena menurunnya temperatur.

2. Gas Alam

Sumber daya yang satu ini umum digunakan untuk proses pembakaran dan pemanasan di sektor industri, misalnya untuk pembangkit tenaga listrik (PLTU).

3. Minyak Mentah

Sumber daya alam yang satu ini berasal dari fosil purba yang terperangkap di perut bumi. Sumber daya ini kemudian ditambang dan dijadikan berbagai bahan bakar yang digunakan sehari-hari, seperti solar, bensin, sampai minyak tanah.

4. Nuklir

Senjata perang ini rupanya juga termasuk contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Sumber daya ini berasal dari materi radioaktif, seperti uranium. Materi radioaktif juga digunakan di dunia medis atau pertanian.

5. Batu Bara

Sumber daya ini dihasilkan dari endapan organik berupa sisa-sisa tumbuhan dan terbentuk melalui proses pembatubaraan. Batu bara umum digunakan sebagai bahan bakar industri atau tenaga pembangkit listrik.

Karena jumlahnya terbatas, cara terbaik untuk menggunakan sumber daya ini adalah dengan menghemat pemakaiannya. Bisa juga dengan mencari bahan alternatif lain yang punya fungsi serupa dengan sumber daya alam terbatas itu.

Itu dia pengertian dan contoh-contoh dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, Urbanreaders. Semoga bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait