Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Pengertian Saham Lengkap dengan Untung dan Risikonya

Elga Nurmutia,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pengertian Saham Lengkap dengan Untung dan Risikonya
Image: Ilustrasi saham. (Freepik/Drobotdean)

Jakarta - Saham sudah tidak asing lagi bagi masyarakat yang hidup di zaman modern. Apakah kamu sudah mengetahui pengertian saham?

Kali ini, Urbanasia akan membagikan seputar informasi saham dari berbagai sumber, Jumat (15/10/2021), sebagai berikut.

Pengertian Saham

Saham merupakan salah satu instrumen investasi. Saham memiliki artian bukti kepemilikan nilai suatu perusahaan ataupun bukti terkait penyertaan modal. Pemilik saham juga mempunyai hak dalam mendapatkan dividen yang sesuai dengan jumlah saham miliknya. Adapun, salah satu upaya agar memiliki saham perusahaan, yaitu seseorang tersebut perlu membeli di pasar modal.

Jenis saham

Adapun jenis- jenis saham yang perlu diketahui, sebagai berikut:

1. Saham Biasa 

Saham biasa atau biasa disebut common stocks merupakan suatu saham yang dapat diklaim dengan berdasarkan keuntungan dan juga kerugian yang terdapat pada sebuah perusahaan. Jika prosedur likuidasi dilakukan, oleh sebab itu para pemegang saham biasa akan memiliki prioritas terakhir pada pembagian dividen atas penjualan aset sebuah perusahaan. Dalam sebuah saham biasa, para pemegang saham mempunyai kewajiban dengan sifat yang terbatas. 

2. Saham Preferen (Preferred Stock)

Saham preferen atau preferred stock merupakan sebuah saham yang memiliki nilai dalam membagi labanya termasuk tetap, dan juga ketika perusahaan mengalami kerugian, maka para pemegang saham preferen ini akan mendapatkan prioritas utama dalam melakukan bagi hasil penjualan aset dari perusahaan.

Keuntungan dan Risiko Saham

Adapun keuntungan dan juga risiko dari saham, sebagai berikut:

Melakukan pembelian saham perusahaan di pasar modal adalah investasi yang risiko lebih tinggi daripada yang terdapat dalam instrumen investasi lain,  misalnya obligasi, tabungan berjangka, emas dan juga  deposito.

Namun, karena memiliki risiko yang tinggi, investasi saham tersebut mampu memberikan keuntungan yang tinggi, hal tersebut dilihat dari sisi dividen ataupun kenaikan pada harga saham. 

Risiko kerugian yang biasanya terjadi pada investasi saham adalah harga saham yang lebih rendah daripada ketika melakukan pembelian. Kerugian dari investasi saham akan semakin besar apabila harga saham anjlok atau turun secara tajam. 

Naik turun harga saham itu sendiri sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Harga saham tidak tergantung pada kinerja perusahaan, namun sangat dipengaruhi psikologi pasar juga.

Nah, itu dia sejumlah informasi mengenai saham. Apakah kamu tertarik dengan saham? Semoga bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait