Jakarta - Buat beberapa orang, mengungkapkan masalah seksual pada pasangan adalah hal yang sulit dilakukan. Tidak semua pasangan memiliki komunikasi yang lancar dalam membahas hal-hal seputar ranjang. 

Apalagi, kalau itu berupa kritik, rasa kurang nyaman, hingga ketidakpuasan. Banyak orang akan memilih memendam perasaannya karena tidak mau membuat pasangan tersinggung, minder, atau sakit hati karena kritikan seputar performanya di tempat tidur.

Karena itu, untuk mengetahui apakah pasangan cukup puas dengan kehidupan seksual kalian, perlu kepekaan lebih, guys. Kamu mesti bisa membaca pesan yang disiratkan oleh pasangan melalui bahasa tubuh, sikap, maupun kode-kode yang disampaikannya.

Nah, beberapa tanda berikut ini bisa kamu cermati dan menjadi isyarat bahwa kamu mesti meningkatkan teknik bercintamu.

1. Seks Terasa sebagai Rutinitas

1607391043-rutinitas-pasangan.jpgSumber: Ilustrasi pasangan di ranjang (Freepik)

Hubungan seksual semestinya berlangsung hangat dan penuh gairah. Tapi, saat momen bercinta terasa hambar dan tidak ada lagi sparks di antara kamu dan pasangan, mungkin kalian hanya melakukannya sebagai rutinitas belaka.

Salah satu tanda yang bisa kamu lihat dari pasangan adalah kurangnya semangat untuk bercinta, malas mencoba hal-hal baru, dan kurang merespons aktivitas seksual yang kamu lakukan.

2. Berkurangnya Kemesraan

1607391091-berkurang-kemesraan.jpgSumber: Ilustrasi pasangan kurang mesra (Freepik)

Segala bentuk kemesraan seperti memeluk, mencium, atau membelai pasangan juga menjadi tanda bahwa kehidupan seksual kalian memuaskan. 

Tapi, kalau kemesraan mulai berkurang bahkan terkesan enggan melakukannya, besar kemungkinan ada masalah terpendam dalam kehidupan seksual kamu, guys.

3. Nggak Ada Lagi Foreplay

1601810378-masalah-seks.jpgSumber: Ilustrasi pasangan (Freepik)

Foreplay atau pemanasan sebelum berhubungan intim, nggak cuma bermanfaat untuk menyiapkan organ intim kamu agar dapat melakukan hubungan seksual dengan baik. 

Foreplay juga adalah bentuk kedekatan secara batin dan membangun koneksi perasaan dengan pasangan. 

Kalau pasanganmu maunya ‘to the point’ aja tanpa foreplay, mungkin dia ingin hubungan seksual cepat berakhir dan enggan menikmati prosesnya terlalu lama.

4. Menghindari Pembicaraan Seputar Seks

1596793583-suami-malas-seks.jpgSumber: Ilustrasi pasangan (Freepik)

Saat ini mungkin kamu sudah merasakan tanda-tanda bahwa ada masalah dalam kehidupan seksualmu dengan pasangan. Kamu pun ingin membicarakan hal itu dengan dia. 

Namun, setiap kali kamu membuka topik ini, dia berusaha mengalihkan pembicaraan dan terkesan menghindar. Sikap ini jelas menunjukkan bahwa ada yang tidak beres dengan kehidupan ranjang kalian.

5. Merasa Risih

1593580311-disfungsi-seksual-cowok.jpgSumber: Ilustrasi pasangan (Freepik)

Seorang suami atau istri seharusnya nggak merasa risih ketika pasangannya bermanja-manja, ingin berdekatan, atau sekadar menyentuhnya. 

Tapi, kalau tiba-tiba pasanganmu merasa risih dan nggak suka bersentuhan atau bermesraan, berarti ada yang salah dengan hubungan di antara kalian. 

Kemungkinan, dia enggan untuk melakukan aktivitas yang dapat mendorong keinginan untuk berhubungan intim, karena tidak tertarik untuk melakukannya.

Komentar
paper plane