Hot News

Surabaya - Kasus pelecehan seksual berkedok riset akademik oleh seorang mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya bernama Gilang, tampaknya telah menjadi perhatian Kepolisian Daerah Jawa Timur.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan bahwa Subdit Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur kini tengah menelusuri adanya tindak pidana pada akun pelaku pelecehan seksual fetish kain jarik itu loh, Urbanreaders.

Trunoyudo mengaku kini pihaknya telah melakukan penelusuran dan penyelidikan terhadap akun media sosial Gilang, karena dianggap telah meresahkan masyarakat luas.

"Penyelidikan ini sebagai bentuk memberikan kepastian hukum dan membuat masyarakat aman dan terlindungi," kata Truno di Surabaya, dikutip dari Antara, Jumat (31/7/2020).

Namun sayangnya hingga saat ini Polda Jatim beserta jajarannya belum juga menerima adanya pengaduan dan laporan dari para korban yang merasa dirugikan atas kasus tersebut.

1596188378-Korban-Pelecehan-seksual-Gilang-Bungkus.jpgSumber: Twitter@m_fikris

"Namun apabila ada yang melaporkan tentu akan mempercepat dan mempermudah proses penyelidikan terkait viral berita tersebut," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pusat Informasi dan Humas (PIH) Unair, Suko Widodo, telah membenarkan bahwa pelaku yang diduga menjadi dalang ‘fetish kain jarik’ yang viral di media sosial adalah Gilang, salah satu mahasiswa di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unair angkatan 2015.

Namun, hingga saat ini yang bersangkutan maupun pihak keluarga belum bisa dihubungi, sehingga pihak kampus akan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak berwenang. 

"Fakultas Ilmu Budaya Unair telah menggelar sidang komite etik terhadap yang bersangkutan. Pastinya kami akan mengambil tindakan tegas karena sudah menyalahi etika mahasiswa," kata Suko, Kamis (30/7/2020) malam.

Unair pun telah meminta seluruh korban, saksi, ataupun seluruh pihak yang pernah mendapat perlakuan serupa dari pelaku untuk segera melapor ke hotline atau email resmi Fakultas Ilmu Budaya dan/atau HELP CENTER Universitas Airlangga di 081615507016 dan helpcenter.airlangga@gmail.com.

Bahkan, Unair telah menyatakan kesiapan jika memang korban merasa perlu membawa kasus ini ke ranah hukum.

Seperti yang diberitakan Urbanasia sebelumnya, kasus ini mencuat ke publik sejak akun Twitter @m_fikris membongkar aksi Gilang lewat sebuah thread berjudul Predator 'Fetish Kain Jarik' Berkedok Riset Akdemik dari Mahasiswa PTN di SBY, pada Rabu (29/7/2020) malam.


Loading ..