Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Profil Gunawan Maryanto, Pemeran Film Wiji Thukul yang Tutup Usia

Indi Lusiani,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Profil Gunawan Maryanto, Pemeran Film Wiji Thukul yang Tutup Usia
Image: Gunawan Maryanto. Sumber: Instagram @teatergarasi

Kabar duka menyelimuti dunia teater tanah air, dikabarkan aktor pemeran Wiji Thukul, Gunawan Maryanto meninggal dunia pada Rabu (6/10/2021). Kabar meninggalnya sang aktor yang biasa dipanggil Mas Cindhil ini diunggah oleh akun Instagram @teatergarasi.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun... Telah meninggal dunia keluarga Teater Garasi, Gunawan Maryanto (Chindhil)," tulis Teater Garasi, Kamis (7/10/2021).

Artis peran sekaligus penulis itu dikabarkan meninggal dunia di usia 45 tahun akibat mengalami serangan jantung.

Dalam unggahannya, admin menyebut bahwa jenazah pria yang sempat mendapatkan predikat sebagai aktor Pemeran Utama Pria Terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 2020 tersebut dimakamkan di kampung halamannya, di Karang Malang, Yogyakarta.

Berikut profil singkat aktor Gunawan Maryanto yang telah Urbanasia rangkum dari berbagai sumber.

Gunawan Maryanto lahir di Yogyakarta pada 10 April 1976. Ia dikenal dengan berbagai karya sastranya, seperti puisi, cerpen, dan kritik sastra.

Berbagai tulisan yang ia lahirkan, seperti naskah lakon "Waktu Batu" bersama Andre Nur Latif dan Ugoran Prasad pada 2004 hingga puisi “Kupanggil Kau Batu” berhasil mendapatkan anugerah dari Sih Award dan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

Di tahun 2014, ia turut andil dalam film “Guru Bangsa: Tjokroaminoto”. Mulai dari situ, sederet judul film menjadi bagian dari perjalanan karier Gunawan Maryanto.

Dalam film “Istirahatlah Kata-kata” perannya sebagai Wiji Thukul berhasil membawa dirinya mendapatkan penghargaan Usmar Ismail Award 2017 sebagai Aktor Pria Terbaik.

Tak hanya itu, Gunawan Maryanto juga meraih penghargaan aktor terbaik dalam ajang Festival Film Indonesia 2020 atas perannya sebagai Siman di film yang berjudul "Hiruk Pikuk Si Alkisah". Gunawan Maryanto diketahui juga aktif mengelola sebuah teater Bernama Teater Garasi.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Melanie Subono (@melaniesubono)

Kepergian almarhum tentunya meninggalkan duka mendalam bagi sederet selebriti yang telah bekerja sama dengannya. Mulai dari Melanie Subono hingga Asmara Abigail.

"Selamat jalan mas @gunawanmaryanto , mas Cindhil. Orang baik…. Dari “Istirahatlah Kata kata” Sampai hari ini. Guru yang ga pelit ilmu. Sahabat yang nguatin gw buat bikin film yang besok siang akan preskon," tulis Melanie Subono di salah satu unggahan Instagramnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Asmara Abigail (@asmaraabigail)

Asmara Abigail juga mengunggah salah satu adegan saat Gunawan Maryanto bermain di film The Science of Fiction ke Instagramnya. Ia menuliskan ucapan perpisahan di kolom caption.

"@gunawanmaryanto terbanglah ke semesta luas tanpa batas. Mas Chindil   you’re always in our heart. Forever, Karyamu tetap abadi! Istirahatlah Kata-Kata…" tulisnya.

 
 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait