Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Profil Jenderal Dudung Abdurachman, KSAD Pengganti Andika Perkasa

Shelly Lisdya,
21 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Profil Jenderal Dudung Abdurachman, KSAD Pengganti Andika Perkasa
Image: Letjen TNI Dudung Abdurachman. (kodamjaya-tniad.mil.id)

Jakarta - Presiden Joko Widodo(Jokowi) akan melantik Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Rabu (17/11) siang ini. 

Tak hanya itu, Jokowi juga akan melantik Pangkostrad Jenderal TNI Dudung Abdurachman menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) menggantikan Andika Perkasa.

Sebelumnya, Dudung baru saja dimutasi dan ditunjuk menjadi Pangkostrad pada Mei 2021 lalu. Jabatan tersebut membuat Dudung menyandang bintang tiga atau Letjen.

Mutasi tersebut berdasarkan salinan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/435/V/2021 dan ditandatangani Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Profil

1605864617-Pangdam-Jaya-Mayjen-Dudung.jpgSumber: Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman dalam pelaksanakan Tactical Floor Game (TFG) di Aula Sudirman Makodam Jaya Jalan Mayjen Sutoyo No 5 Cililitan Jakarta timur, Rabu (18/11/2020) (kodamjaya-tniad.mil.id)

Dudung lahir pada 19 November 1965 dari pasangan Nasuha dan ibu Nasyati. Ayah Dudung merupakan ASN di lingkungan Bakangdam III/Siliwangi.

Dudung yang merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) pada tahun 1988, dari kecabangan infanteri itu pernah menjadi Dandim 0406/Musi Rawas di Suamtera Selatan.

Karier Dudung terus melejit, hal tersebut dibuktikan kala dirinya saat masih berpangkat Letnan Kolonel, Dudung menjabat Dandim 0418/Palembang pada 2006 hingga 2008.

Selain itu, Dudung juga sempat menjabat Aspers Kasdam VII/Wirabuana pada 2010 dengan pangkat Kolonel, kemudian diangkat menjadi Danrindam II/Sriwijaya. 

Pria yang pernah menjadi loper koran ini pun kemudian dipromosikan sebagai Dandenma Mabes TNI. Pangkat Dudung kemudian naik menjadi Brigadir Jenderal, lalu menjabat sebagai Wagub Akmil dari 2015 hingga 2016. 

Di tahun yang sama, Dudung menjadi staf khusus KSAD dan Waaster KSAD. Hingga pada 2018, Dudung dipromosikan sebagai Gubernur Akmil dengan pangkat Mayor Jenderal (Mayjen). 

Pada Juli 2020, Dudung diangkat sebagai Pangdam Jaya menggantikan Letjen Eko Margiyono. Hingga 25 Mei 2021, Dudung diangkat menjadi Pangkostrad pada 25 Mei 2021. Dan hari ini, Dudung akan dilantik menjadi KSAD menggantikan Jenderal Andika yang jadi Panglima TNI.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait