menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Ramai Istilah 'On Eternal Patrol' untuk KRI Nanggala 402, Apa Artinya?

Kintan Lestari,
13 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ramai Istilah 'On Eternal Patrol' untuk KRI Nanggala 402, Apa Artinya?
Image: Dok. KRI Nanggala 402 (Foto: Antara)

Jakarta - Duka menyelimuti Indonesia atas tragedi tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402.

Kemarin (24/4/2021) Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, dalam konferensi pers menyatakan status KRI Nanggala-402 naik fasenya, dari yang sebelumnya fase submiss (hilang) menuju fase subsunk (tenggelam).

"Dengan adanya bukti otentik tersebut, maka pada saat ini kita isyaratkan dari submiss menjadi subsunk," kata Marsekal Hadi Tjahjanto saat konferensi pers di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Sabtu (24/4/2021).

Mendengar kabar tersebut netizen pun sedih dibuatnya. Lewat media sosial, netizen Tanah Air ramai-ramai menggaungkan istilah-istilah yang berhubungan dengan KRI Nanggala 402.

Salah satu istilah yang trending terkait kapal selam KRI Nanggala 402 adalah 'On Eternal Patrol'. Banyak yang menuliskan ucapan duka disertai dengan kata tersebut.

"Dive away, for the final mission, dive away, on the Eternal Patrol. Fair wind and Following seas," cuit seorang netizen.

"Take care of our nation's children who you are currently embracing, don't let them get cold because of the touch of your water. current status 'on eternal patrol', thank you for serving the country," cuit netizen lainnya.

Apa sih kira-kira makna dari 'On Eternal Patrol' yang ramai digaungkan netizen?

Rupanya kata-kata tersebut bermakna 'dalam patroli abadi'. Yang artinya kapal tersebut tidak akan kembali lagi.

Melansir situs We Are the Mighty, istilah untuk menggambarkan kapal selam Amerika Serikat yang hilang atau tenggelam saat berpatroli.

Patroli dikatakan dimulai saat meninggalkan pelabuhan, dan berakhir saat kembali ke pelabuhan.

Ketika kapal tenggelam dan tidak berhasil kembali, maka patroli yang dijalankan bersifat abadi.

Dan itu juga yang terjadi pada KRI Nanggala 402. Kapal selam buatan Jerman tersebut berangkat dari pelabuhan, sayangnya kapal tersebut tidak kembali ke pelabuhan. 

Maka dari itu, KRI Nanggala 402 disebut sedang melakukan 'on eternal patrol' yang berarti kapal tersebut berpatroli selamanya di perairan. 

Kapal selam yang paling terkenal dengan istilah ini adalah kapal selam Rusia, Kursk, yang mengalami ledakan dan tenggelam di perairan pada tahun 2000 lalu. 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait