beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Resmikan Penataan Pulau Rinca, Jokowi: Harga Tiket Masuk Masih Sama

Fitri Nursaniyah,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Resmikan Penataan Pulau Rinca, Jokowi: Harga Tiket Masuk Masih Sama
Image: Instagram/jokowi

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan penataan kawasan Pulau Rinca, yang termasuk dalam Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Kamis (21/7/2022).

Jokowi dan Ibu Negara, Iriana bertolak menuju Pulau Rinca, dengan menaiki kapal pinisi. Jajaran Menteri juga ikut hadir untuk meresmikan tempat wisata tersebut.

Di antaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, dengan rahmat Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, penataan kawasan Pulau Rinca Taman Nasional Komodo yang hari ini saya nyatakan diresmikan," ujar Jokowi dikutip Urbanasia dari Twitter @jokowi, Jumat (22/7).

Jokowi pun mengajak masyarakat untuk datang ke Pulau Rinca jika ingin melihat secara langsung penampakan endemik komodo.

"Anda ingin berwisata dengan melihat langsung hewan endemik komodo? Datanglah ke Pulau Rinca di NTT. Kawasan Pulau Rinca telah ditata pemerintah dan siap menerima kunjungan wisatawan, dari dalam negeri dan mancanegara. Tarif masuknya masih sama dengan yang dulu," tulis akun Presiden.

Soal tarif masuk ke Pulau Rinca, Jokowi menjelaskan bahwa nominalnya masih sama seperti dulu meskipun kawasan ini telah ditata sehingga terlihat lebih cantik.

"Tarif masuk yang dikenakan kepada wisatawan masih sama untuk di Pulau Rinca. Sedangkan untuk Pulau Komodo dan Pulau Padar akan dikenakan tarif yang berbeda," kata Jokowi.

Kenaikan tarif wisata ke Pulau Komodo dan Pulau Padar akan dinaikkan menjadi Rp 3,75 juta seiring dengan rencana konservasi di pulau tersebut.  

Adapun Pulau Rinca dikhususkan menjadi tempat wisata dan komodo.

"Yang untuk wisatawan diberikan di Pulau Rinca. Sehingga, ini kami benahi untuk wisatawan dan juga untuk komodonya. Komodo di Pulau Rinca dan di Pulau Komodo itu komodonya juga sama, wajahnya juga sama. Jadi, kalau mau liat komodo silakan ke Pulau Rinca, di sini ada komodo," terang Jokowi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait