Jakarta - Samsung kembali meluncurkan seri terbarunya, Samsung Galaxy A12. Apa tawaran Samsung kali ini?

Galaxy A12 adalah perangkat kelas entri terbaru dari Samsung. Mengingat harganya yang Rp 2 jutaan, ini adalah smartphone Android murah.

Meski termasuk seri murah, perangkat yang satu ini tidak murahan. Bahkan untuk tampilannya, boleh dibilang nggak kalah dari perangkat-perangkat yang lebih mahal lainnya.

Desainnya kekinian dan tampak lebih premiun dari seri sebelumnya. Sudah dilengkapi dengan fitur baru seperti setup kamera belakang, baterai besar, dan kapasitas memori yang lega.

Hmm, sepertinya menarik ya? Tapi apakah perangkat baru ini layak dijadikan pilihan untuk tampil oke di tahun 2021? Simak yuk ulasan Urbanasia berikut ini.

1. Desain

1610077740-Samsung-Galaxy-A12-5.jpgSumber: Samsung Galaxy A12 (Dok.Urbanasia)

Pertama-tama, Urbanasia akan membahas soal desainnya. Seperti yang sudah tadi disampaikan sebelumnya, perangkat baru ini punya desain bagus dan premium.

Dengan ketebalan 8,9 mm dan berat 205 gram, ponsel ini cukup nyaman di genggaman. Bodinya terbuat dari plastik polikarbonat dan tidak licin. Bodinya juga tidak mudah membakas sidik jari. Jadi nggak perlu sering-sering lap ya.

Untuk membuka sidik jari, kamu bisa menemukannya menyatu dengan tombol power. Responsivitas sidik jari di perangkat ini juga lumayan. Dibanding dengan varian yang lebih mahal, mungkin nggak terlalu kentara bedanya.

2. Layar

1610077781-Samsung-Galaxy-A12-4.jpgSumber: Samsung Galaxy A12 (Dok.Urbanasia)

Samsung Galaxy A12 masing menggunakan layar dengan desain Infinity-V display. Punya dimensi cukup besar yaitu 6,5 inci, dengan ketebalan bezel yang acceptable di kelasnya.

Layar Galaxy A12 juga belum dilengkapi dengan perlindungan Gorilla Glass jadi kamu wajib hati-hati supaya nggak terjadi goresan ya. Panel di layar ponsel ini menggunakan jenis PLS atau biasa dikenal dengan IPS versi Samsung.

Masih HD+ meski saat ini banyak kompetitor Samsung sudah hadir dengan full HD+. Mungkin ini salah satu cara Samsung agar ponsel ini awet baterai sehinggal bakal lebih lama dipakai.

Soal kontras dan reproduksi  warna tidak ada yang istimewa. Hal itu karena sudah banyak kompetitor yang punya spesifikasi layar yang lebih baik. Apalagi Galaxy A12 hadir dengan refresh rate 90Hz.

Tapi buat kamu yang hobi banget maraton film atau drama Korea, layar Galaxy A12 ini bakal cukup memanjakan matamu. Layar Samsung Galaxy A12 sudah mendukung sertifikasi Widevine L1 loh.

Jadi kamu yang pakai ponsel ini bakal bisa menikmati konten dari platform streaming video seperti Netflix dengan kualitas high definition. Buat suara, ada dukungan dari Dolby Atmos. Hmm, menarik kan?

3. Kamera

1610077821-Samsung-Galaxy-A12-2.jpgSumber: Samsung Galaxy A12 (Dok.Urbanasia)

Review selanjutnya adalah kamera. Biasanya nih, ini yang ditunggu-tunggu karena salah satu spek yang paling dibutuhkan adalah kameranya.

Setup kameranya boleh dibilang yang paling mewah untuk seri A dengan angka depan 1. Memiliki total lima sensor kamera, di depan disiapkan kamera 8MP f/2.2 yang dilengkapi dengan mode live focus dan beautify.

Sementara di belakang, sensor utama ISOCELL GM2 punya resolusi 48MP f/2.0. Sensor tersebut memakai teknologi pixel binning yang menggabungkan empat piksel individu menjadi satu piksel berkualitas, outputnya foto beresolusi 12MP.

Selain sensor 5MP ultra wide-angle untuk tangkap bidang luas, ada juga dua sensor kamera 2MP untuk objek jarak dekat dan hasilkan efek blur.

Sama seperti Galaxy A12s, mode fotonya tak terlalu banyak. Samsung juga belum memberikan mode malam khusus untuk smartphone ini, jadi kalau mau ambil foto di kondisi kurang cahaya tanpa lampu flash, bakal jadi pilihan yang kurang tepat. 

Komentar
paper plane