beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Ria Ricis Alami Mastitis, Kenali Gejala dan Penyebabnya!

Griska Laras,
28 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ria Ricis Alami Mastitis, Kenali Gejala dan Penyebabnya!
Image: Potret Ria Ricis. (Instagram @riaricis1795)

Jakarta – Ria Ricis ramai dibicarakan usai mengumumkan kondisi kesehatannya. Melalui media sosial, ibu muda ini mengaku mengidap mastitis. 

Kondisi itu berawal ketika dia lupa memompa ASI untuk buah hatinya. Hal itu menyebabkan payudaranya terasa bengkak dan nyeri. 

“Jadi semua itu berawal dari malam hari, seminggu lalu, aku dalam keadaan tepar, malam tuh harusnya aku pumping dua sampai tiga jam sekali. Aku tuh sudah pasang alarm, cuman dalam keadaan capek, kurang tidur alarmnya aku matiin. Keesokan harinya mulai merasa ada grinjil grinjil gitu,” kata Ricis dalam video yang diunggah Selasa (6/9/2022). 

“Jadi akhirnya kami panggil dokter laktasi, aku tanya ke dokternya, ‘Dok, saya kenapa ya?’ Terus dokternya bilang ‘Ini mastitis Bu Ricis’,” lanjut dia. 

Melansir Mayo Clinic, mastitis adalah peradangan pada jaringan payudara yang disertai dengan infeksi. Penyakit ini tidak membahayakan dan umum dialami ibu menyusui, terutama di 6 – 12 minggu awal setelah persalinan. 

Meski demikian, mastitis juga bisa terjadi pada wanita yang sedang tidak menyusui atau bahkan laki - laki. 

Gejala awal mastitis biasanya muncul tanpa disadari, seringkali mirip dengan gejala flu berupa batuk, pilek, kedinginan, dan demam. Namun ada juga gejala lain yang lebih spesifik, sebagai berikut: 

– Bengkak di salah satu atau kedua payudara, kadang disertai ruam dan kemerahan. 

- Nyeri saat disentuh. 

- Ada sensasi terbakar terus menerus saat menyusui. 

– Muncul benjolan yang berbentuk seperti gerindil. 

– Keluar cairan dari puting, berwarna putih atau mengandung garis darah. 

Masalah mastitis pada ibu menyusui disebabkan karena adanya penumpukan air susu. Sementara penyebab mastitis pada perempuan yang tidak menyusui atau laki-laki cenderung karena gaya hidup, seperti merokok, implan payudara, dan mencukur bulu di sekitar puting. 

Selain itu kondisi imun yang lemah dan kerusakan pada jaringan payudara juga dapat menjadi penyebab munculnya mastitis pada payudara. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait