beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Roundup 15 Agustus: Kasus Viral Alfamart hingga Tebet Eco Park Dibuka Lagi

Urbanasia,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup 15 Agustus: Kasus Viral Alfamart hingga Tebet Eco Park Dibuka Lagi
Image: Twitter/namaku_mei

Jakarta - Sejumlah berita menarik terangkum pada Senin (15/8/2022). Di antaranya adalah viral video yang direkam karyawan Alfamart, menunjukkan seorang perempuan yang diduga melakukan pencurian cokelat. Namun ternyata video ini berbuntut panjang hingga berujung laporan polisi. 

Yang kedua adalah disetujuinya permohonan Bharada E menjadi justice collaborator. Tersangka kasus pembunuhan Brigadir J itu akan mendapat perlindungan dari LPSK sepanjang bergulirnya proses hukum. Untuk berita menarik lainnya, simak Roundup Top 5 News Urbanasia berikut ini. 

1. Bharada E Resmi Jadi Justice Collaborator, Langsung Dilindungi LPSK

1659565752-Bharada-E.jpegSumber: Bharada Richard Eliezer alias Bharada E saat menjalani pemeriksaan bulan Juli lalu. (ANTARA)

Bharada Richard Eliezer atau Bharada E dinyatakan memenuhi syarat untuk mendapat perlindungan sebagai justice collaborator oleh Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Dengan demikian, Bharada E akan menjadi kolaborator dan pemberi keterangan bagi penegak hukum dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

Persetujuan itu salah satunya berdasarkan penilaian bahwa meski Bharada E terlibat dalam kasus pembunuhan Brigadir J, namun ia bukan merupakan pelaku utama. Dengan status ini, LPSK akan memberikan perlindungan dan pendampingan terhadap Bharada E sepanjang proses penyidikan dan peradilan hingga hakim menjatuhkan putusan dalam kasus ini.

2. Diancam UU ITE, Karyawan Alfamart Minta Maaf ke Pencuri Cokelat 

1660528740-WhatsApp-Image-2022-08-15-at-8.58.12-AM.jpegSumber: Twitter/namaku_mei

Setelah merekam aksi konsumen mencuri cokelat di tempatnya bekerja di Tangerang Selatan, karyawan Alfamart justru meminta maaf dan memberikan klarifikasi secara publik karena diancam UU ITE. Dalam video tersebut, terlihat konsumen viral pengutil cokelat itu didampingi seorang pengacara.

Alfamart telah menunjuk Kantor Hukum Hotman Paris Hutapea sebagai kuasa hukum untuk membela karyawannya. Selain itu mereka juga sudah melaporkan perempuan yang terekam dalam video atas kasus pencurian dan pengancaman. 

3. Diduga Lakukan Suap, Irjen Ferdy Sambo Dilaporkan ke KPK 

1658206167-Ferdy-Sambo.jpgSumber: Ferdy Sambo. (Tribatanews Polri)

Ferdy Sambo dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh Tim Advokat Penegak Hukum dan Keadilan (TAMPAK) atas dugaan melakukan suap selama penanganan kasus kematian Brigadir J. Koordinator TAMPAK Roberth Keytimu menerangkan, dugaan penyuapan itu dilakukan saat dua staf LPSK melakukan pertemuan dengan Ferdy Sambo.

Selesai pertemuan, lanjut Robeth, ada seorang yang diduga suruhan Ferdy Sambo yang menyodorkan dua amplop berwarna cokelat yang di dalamnya terdapat uang. Kedua staf LPSK tidak menerima. Mereka justru gemetar saat disodori uang dalam amplop itu. Kata Robeth, keduanya mengembalikan pemberian itu lalu pulang. 

4. 40 Partai Politik Daftar Jadi Peserta Pemilu 2024 

1660539118-Idham-Holik-KPU.jpgSumber: Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu 2024 KPU RI Idham Holik dalam konferensi pers, Senin (15/8/2022) dini hari. (YouTube KPU RI)

40 partai politik sudah mendaftarkan diri sebagai calon peserta pemilihan umum (Pemilu) 2024. Dari jumlah tersebut, 24 parpol sudah terverifikasi alias berkasnya lengkap. Sisanya yang 16 parpol saat ini masih dalam tahap pemeriksaan dokumen. Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari menjelaskan, nasib 16 parpol ini akan ditentukan dari kelengkapan berkas. 

5. Tebet Eco Park Kembali Dibuka, Pengunjung Harus Daftar Lewat Aplikasi JAKI 

1660549218-Tebet.jpgSumber: Tebet Eco Park (Foto: Instagram @TebetEcoPark)

Setelah sempat tutup dari bulan Juni, Tebet Eco Park kembali dibuka mulai 15 Agustus 2022. Masyarakat yang ingin datang ke Tebet Eco Park harus menjadwalkan kedatangan mereka melalui aplikasi Jakarta Kini (JAKI). Kunjungan akan dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi 1 pukul 07.00-11 WIB dan Sesi 2 pukul 13.00-17.00 WIB. 

Tebet Eco Park Agustus ini juga dibarengi dengan kapasitas baru yang membatasi jumlah pengunjung. Setiap hari Senin-Jumat sekitar 4000 orang dan setiap akhir pekan di hari Sabtu-Minggu sekitar 5000 orang. 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait