Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Roundup 3 Oktober: NIK Jadi NPWP Hingga Dirut Transjakarta Meninggal Dunia

Urbanasia,
23 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup 3 Oktober: NIK Jadi NPWP Hingga Dirut Transjakarta Meninggal Dunia
Image: NPWP (Foto: Shutterstock/SukarmanST)

Jakarta -- Sejumlah berita menarik terangkum pada hari Minggu (3/10/2021). Dua di antaranya adalah berita duka cita. Yang pertama adalah pemakaman politikus senior PDIP, Sabam Sirait, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Pemakaman secara militer ini dihadiri nama-nama penting di dunia politik. Yang kedua adalah meninggalnya Dirut PT Transjakarta, Sardjono Jhony Tjitrokusumo, akibat penyakit tumor otak.

Baca Juga : Roundup 2 Oktober: Risma Marah hingga Jokowi Buka PON XX Papua

Sebagai berita ringan, ada hasil studi tentang kota-kota di dunia yang paling populer di aplikasi TikTok. Jakarta berhasil masuk di peringkat 4 loh, guys. Kota mana yang jadi peringkat pertama? Baca rangkuman beritanya di Roundup Top 5 News Urbanasia berikut ini.

1. Tutup Usia, Jenazah Sabam Sirait Dimakamkan Minggu Sore di TMP Kalibata 

1633227373-Sabam.jpgSumber: Sabam Sirait. (Instagram @sabamsiraitofficial)

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Sabam Sirait meninggal dunia di usia 85 tahun pada Jumat (29/9/2021) lalu.  Mendiang politikus senior PDIP itu akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pada hari ini, Minggu (3/10/2021) sekitar pukul 16.00 WIB.

Dalam rangkaian pemakaman yang dibagikan pihak keluarga Sabam Sirait, tertera nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang akan membacakan doa. Lalu sambutan akan disampaikan oleh Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun. Tercantum pula nama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan sebagai wakil dari pemerintah.  

2. Dirut TransJakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo Meninggal Dunia  

1633242376-dirut-trans-jakarta.jpgSumber: Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Sardjono Jhony Tjitrokusumo. (ANTARA)

Direktur Utama (Dirut) PT TransJakarta, Sardjono Jhony Tjitrokusumo, meninggal dunia pada hari ini, Minggu (3/10/2021).
Dalam keterangan resmi PT TransJakarta, Sardjono meninggal karena menderita sakit tumor otak.

Sardjono sempat menjalani perawatan medis selama beberapa hari di ruang ICU Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto sebelum akhirnya meninggal dunia. Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria juga ikut mengungkapkan ucapan belasungkawa lewat media sosial mereka.

3. Draf RUU HPP: KTP Bakal Difungsikan Menjadi NPWP 

1632484486-ilustrasi-npwp.jpgSumber: Ilustrasi NPWP. (Antara/Jefri Aries)

Pemerintah berencana menambah fungsi Kartu Tanda Penduduk (KTP) menjadi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Hal tersebut tercantum dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP) yang menambah fungsi Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP menjadi NPWP untuk Wajib Pajak (WP) Orang Pribadi (OP).

Dalam Draf RUU HPP juga dijelaskan, pada penggunaan NIK KTP sebagai NPWP, menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dalam negeri akan memberikan data kependudukan dan data balikan dari pengguna kepada Menteri Keuangan untuk diintegrasikan dengan basis data perpajakan.


4. Kalahkan Paris dan Tokyo, Jakarta Peringkat 4 Kota Terpopuler di Tiktok 

TikTok The.us.jpgSumber: Aplikasi TikTok (Them.us)

Baru-baru ini ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Superdry mengenai kota yang paling banyak ditonton melalui Tiktok. Ada 10 kota yang masuk dalam daftar tersebut.

Hal menariknya adalah Jakarta menempati peringkat ke-4 dengan angka 37,1 juta penonton. Sukses mengalahkan beberapa kota besar terkenal dunia seperti Paris dan Tokyo. Dalam daftar tersebut, New York berhasil menempati peringkat pertama dengan jumlah ditonton sebanyak 114 juta penonton. 

5. BTS Raih Penghargaan Daesang The Fact Music Awards 2021

1633242695-bts-tma.jpegSumber: BTS menang Daesang di The Fact Music Awards (Foto: Soompi)

The Fact Music Awards (TMA) 2021 diselenggarakan pada Sabtu (2/10/2021). Dalam empat kali berturut-turut, BTS mendapatkan Daesang (Grand Prize), serta memenangkan Artist of the Year (Bonsang), Listener's Choice, Fan N Star Most Voted (Penyanyi), dan U+ Idol Live Popularity Award. 

Sehingga, BTS ini meraih 5 piala dalam The Fact  Music Awards. Sementara itu, RM selaku leader BTS menyampaikan pidatonya dalam rangka mendapatkan penghargaan Daesang. Ia juga mengungkap rasa syukur atas banyaknya pencapaian dalam banyak hal di tahun ini.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait