Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Roundup 30 Oktober, Hari Keuangan hingga Zayn Malik Didakwa 4 Tuduhan

Urbanasia,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup 30 Oktober, Hari Keuangan hingga Zayn Malik Didakwa 4 Tuduhan
Image: Uang rupiah/Freepik by Johan111

Jakarta -- Sejumlah berita menarik terangkum pada Sabtu (30/10/2021), di mana bertepatan dengan Hari Keuangan Nasional. Indonesia menerbitkan Oeang Republik Indonesia (ORI) pertama kali tepat di tanggal ini, 75 tahun lalu, yaitu tahun 1946.

Yang kedua adalah kabar terbaru tentang pertengkaran Zayn Malik dan Yolanda Hadid. Akibat dugaan kekerasan yang dilakukan Zayn terhadap Yolanda, mantan personil One Direction ini mendapat masa percobaan 360 hari.

Simak rangkuman berita lainnya di Roundup Top 5 News Urbanasia berikut ini.

Baca Juga : Roundup 29 Oktober: Zayn Malik-Gigi Hadid Putus hingga Facebook Ganti Nama

1. Sejarah Hari Keuangan yang Diperingati Tiap 30 Oktober 2021

1626264036-pexels-ahsanjaya-8463694-(1).jpgSumber: Ilustrasi Uang. (Pexels/Ahsanjaya)

Hari Uang Nasional diperingati setiap tanggal 30 Oktober. Peringatan ini resmi ditetapkan sejak tahun 1946 untuk memperingati mata uang pertama Indonesia, Oeang Republik Indonesia (ORI). Indonesia sempat menggunakan empat mata uang sebelum ORI diresmikan, yaitu De Javasche Bank, De Japansche Regeering, Dai Nippon Emisi, dan Dai Nippon Teikoku Seibu. Tapi keempat mata uang ini memiliki nilai tukar berbeda-beda sehingga mendorong timbulnya pasar gelap serta inflasi hebat.

Hingga pada 30 Oktober 1946, ORI secara resmi diterbitkan sebagai alat pembayaran yang sah sekaligus menjadi tanda negara yang berdaulat.  Sejak saat itulah pemerintah menetapkan 30 Oktober sebagai Hari Uang Nasional.

2.  Kerumunan Pesta Halloween di Jaksel Dibubarkan Polisi

1635568661-Kerumunan-Halloween.jpgSumber: null

Polisi membubarkan kerumunan massa yang mengikuti pesta Halloween di di bar dan kafe kawasan SCBD saat melakukan patroli, Jakarta Selatan, Sabtu (30/10/2021). Petugas polisi juga mendapati banyak pengunjung kafe dan bar yang tidak mengenakan masker.

Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, AKBP Ferry Nur Abdullah sudah mengimbau manajemen bar dan kafe yang menyediakan masker bagi pengunjung yang lupa pakai masker. Sebelumnya tim melakukan patroli ke Jalan Daan Mogot Jakarta Barat, PIK, Jakarta Utara, hingga ke Tangerang Selatan.

3.  4 Fakta Istri Kapolres Tebing Tinggi Pamer Uang Segepok

1628733859-uang.jpgSumber: Kumpulan uang lembar rupiah (Unsplash)

Jagad maya dibuat heboh oleh video yang memperlihatkan seorang perempuan berjoget sambil pamer segepok uang. Video itu menuai cibiran dan kritik hingga membuat Kapolda Sumatera Utara angkat bicara.
Perempuan tersebut adalah Eci Sugiyarso, istri dari Kapolres Kota Tebing Tinggi, AKBP Agus Sugiyarso.

Belakangan diketahui, video ibu Bhayangkari memegang uang segepok itu diambil saat sedang arisan. Pihak kepolisian pun menyelidiki tujuan di balik aksi yang dilakukan Eci Sugiyarso tersebut. Eci dinilai lalai karena kurang bisa menjaga sikap, mengingat statusnya sebagai istri pejabat publik.

4. BTS Bawa Pulang 2 Piala MTV Video Music Awards Japan 2021

1635585033-BTS.jpegSumber: BTS/dok HYBE Label

BTS berhasil membawa pulang dua piala MTV Video Music Awards Japan 2021 untuk kategori Video Grup Terbaik dan Video Kolaborasi Terbaik dalam kategori internasional. Video Grup Terbaik didapat melalui hit musim panas mereka yang sukses secara global, Butter. Sementara untuk kategori Video Kolaborasi Terbaik, diraih lewat single 'My Universe' bersama Coldplay.

BTS sebelumnya memenangkan penghargaan Video Grup Terbaik (Internasional) di MTV Music Video Awards Jepang pada tahun 2020 (dengan video musik mereka untuk "Dynamite") dan 2018 ("Fake Love"). Grup ini juga memenangkan Penghargaan Buzz Terbaik pada tahun 2019.

5. Zayn Malik Didakwa 4 Tuduhan Pelecehan Terhadap Gigi dan Yolanda Hadid 

1601020678-Zayn-Malik.jpegSumber: YouTube/Zayn

Zayn Malik didakwa melakukan kejahatan terhadap Gigi Hadid dan ibunya, Yolanda Hadid. Menurut dokumen yang diperoleh TMZ, penyanyi 28 tahun itu didakwa dengan empat pelanggaran pidana pelecehan, dan pejabat pengadilan mengatakan Zayn tidak mengajukan banding.

Kasus tersebut dikatakan bermula dari pertengkaran Zayn dengan Yolanda pada 29 September. Zayn diduga 'mendorong' Yolanda ke lemari. Namun, Zayn menyangkal adanya kontak fisik. Akibat dari kejadian tersebut, Zayn dikabarkan dalam masa percobaan yang totalnya 360 hari. Zayn juga harus menyelesaikan kelas manajemen kemarahan dan program kekerasan dalam rumah tangga. Dia pun tidak boleh berhubungan dengan Yolanda.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait