menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Roundup Top 5 News Urbanasia, 21 April 2021

Urbanasia,
18 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup Top 5 News Urbanasia, 21 April 2021
Image: KRI Nanggala 402 (AntaraFoto//M Risyal Hidayat)

 

Jakarta --  Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April memang selalu istimewa bagi perempuan di Indonesia. Bukan hanya pengingat hari lahir Raden Ajeng Kartini, 21 April juga jadi motivasi untuk perempuan supaya bisa lebih kuat dan semangat meraih cita-cita. Nggak heran kan, kalau ucapan Selamat Hari Kartini jadi trending topic? 

Selain itu, berita tentang kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang kontak dan ditangguhkannya kompetisi European Super League juga layak disimak, Nah Urbanreaders, ini dia Roundup Top 5 News hari ini.

Baca Juga : Roundup Top 5 News Urbanasia, 20 April 2021

1. Kapal Selam TNI AL KRI Nanggala 402 Hilang Kontak 

1619001649-0-Indonesia-Military-Anniversary.jpgSumber: KRI Nanggala 402 (Foto: Pinterest/wikiwand)

KRI Nanggala 402 dikabarkan hilang kontak di perairan Bali, Rabu pagi pukul 4.30. Kapal selam itu tengah mengikuti latihan rudal di perairan Bali Utara namun tidak menyampaikan hasil latihannya.  Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan pihaknya tengah mencari keberadaan kapal selam yang dibuat di Jerman pada tahun 1981 tersebut.  Marsekal Hadi juga membenarkan, jika bantuan dalam pencarian kapal selam dan awak kapal yang hilang telah dicari dari Australia dan Singapura.  

2. Masyarakat Boleh Mudik di 8 Wilayah Aglomerasi, Begini Penjelasannya 

jasa marga.jpegSumber: Ilustrasi arus mudik. (jasamarga.com)

Pengecualian larangan mudik berlaku di beberapa kabupaten atau kota yang saling terhubung dalam kesatuan wilayah atau tepatnya disebut wilayah aglomerasi. Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dalam konferensi pers di Jakarta menjelaskan, ada 8 wilayah aglomerasi yang mengizinkan mudik lokal. 

Selain Jabodetabek, ada Mebidangro (Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Karo), Bandung Raya, Jogja Raya, Solo Raya, Gerbangkertosusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan), Semarang, Kendal, Demak, Ungaran, dan Purwodadi, serta Mamminasata (Makassar, Sungguminasa, Takalar, dan Maros). 

3. Banyak Klub Mundur, European Super League Ditangguhkan 

1618982100-european-super-league.pngSumber: European Super League ditangguhkan (Foto: Europeansuperleague.com)

Beberapa klub peserta European Super League mundur setelah mendapat tentangan dari banyak pihak. Mau tak mau, operator pun harus menangguhkan kompetisi itu sementara waktu. Para inisiator berpendapat kompetisi baru tersebut bisa jadi solusi bagi kondisi keuangan klub yang 'berdarah-darah' di tengah pandemi virus corona saat ini. Gelombang protes yang menentang European Super League langsung terjadi dalam kurun waktu 48 jam setelah diumumkan. Selain pemain, suporter, dan klub sepakbola, tentangan juga datang dari UEFA. 

Baca Juga: 5 Perusahaan di Dunia yang Telah Terapkan 4 Hari Kerja

4. Selamat Hari Kartini Jadi Trending Twitter, Netizen Kuatkan Wanita 

1618989129-IMG-20210421-132438-308.jpgSumber: Raden Ajeng Kartini (Pinterest/Luv Bedding)

Ucapan Selamat Hari Kartini membanjiri lini masa Twitter, hingga pukul 13.00 WIB, setidaknya sudah ada 47 ribu yang memberikan ucapan. Intinya saling menyemangati perempuan Indonesia agar terus kuat dan semangat berkarya serta meraih cita-cita. Misalnya, "Selamat Hari Kartini untuk seluruh wanita hebat, kuat dan sayang sama diri sendiri," cuit @aulmaulidiana. Atau dari  akun @ARMYINDOVOTE yang menulis “Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan Indonesia. Jadilah dirimu sendiri, gapailah mimpi setinggi-tingginya dan menjadi perempuan hebat kelak."

5. Terbukti Bersalah dalam Kasus Kematian George Floyd, Derek Chauvin Terancam 75 Tahun Penjara  

1618987068-DerekChauvin.jpgSumber: Derek Chauvin (Foto: Reuters)

Derek Chauvin, mantan polisi Minneapolis akhirnya dinyatakan bersalah dalam kasus kematian George Floyd (46) dalam sidang yang digelar Selasa (20/4/2021). Hakim Peter Cahill memutuskan, bahwa Chauvin terbukti melanggar pembunuhan tingkat dua, tingkat tiga, dan pembunuhan tingkat dua karena ketidaksengajaan. Jika ditotal, Chauvin terancam hukuman maksimal 75 tahun penjara. Putusan ini tentu disambut bahagia oleh keluarga Floyd, Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dan Wakilnya Kamala Harris. Kematian George Floyd lah yang memicu sederet aksi Black Lives Matter yang marak di seluruh negara bagian Amerika Serikat tahun 2020.

 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait