menu
user
URnews

Roundup Top 5 News Urbanasia, 8 April 2021

Urbanasia,
8 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup Top 5 News Urbanasia, 8 April 2021
Image: Ilustrasi Taman Mini Indonesia Indah (Pinterest-behance)

Jakarta - Sejumlah informasi menarik terangkum pada Kamis (8/4/2021) nih, Urbanreaders! 

Nah, beberapa di antaranya ada pemberitaan mengenai Kemensetneg yang mengambil alih pengelolaan TMII dari Keluarga Cendana, Lalu ada juga pernyataan Atta Halilintar soal 'Suara Suami Suara Tuhan' yang dikecam oleh Komnas Perempuan hingga Peristiwa kebakaran yang terjadi di awasan Pasar Kambing Tanah Abang sore tadi.

Nah, biar nggak penasaran, langsung saja yuk ,intip roundup top 5 news Urbanasia di hari ini, guys!

1. Kemensetneg Ambil Alih Pengelolaan TMII dari Keluarga Cendana

1617868509-taman-mini-Indonesia-Indah-TMII.jpgSumber: Taman Mini Indonesia Indah (TMII). (@tamanmini.indonesia/Instagram)

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) telah mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari Yayasan Harapan Kita.

Kemensetneg mengambil alih karena rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), agar kualitas pengelolaan aset negara menjadi lebih baik.

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno menjelaskan, bahwa TMII sejak dulu merupakan aset milik negara di bawah Kemensetneg. Namun pada tahun 1977, terbit Keputusan Presiden Nomor 51/1977 yang memberikan pengelolaan TMI kepada Yayasan Harapan Kita.

“Selama 44 tahun Yayasan Harapan Kita sudah mengelola aset negara ini yang tercatat di Kemensetneg dan kami berkewajiban untuk mengelola, untuk memberikan manfaat seluas-luasnya ke masyarakat," kata dia.

2. Lontarkan 'Suara Suami Suara Tuhan', Atta Halilintar Dikecam

1617687907-atta-halilintar.jpgSumber: YouTuber Atta Halilintar. (Instagram @attahalilintar)

Atta Halilintar mendapat kecaman dari Komnas Perempuan karena pernyataannya perihal 'suara suami adalah dari Tuhan' yang diunggah di kanal YouTube The Hermansyah A6. 

Dalam video tersebut, Atta menyebut, jika wanita yang sudah menikah, hidupnya sepenuhnya adalah tanggung jawab suami.

"Suara suami adalah dari suara Tuhan, jadi misal aku nggak kasih izin ini itu, ya kamu harus nurut. Nggak bisa seperti sebelumnya. Karena istilahnya hidup kamu udah diserahkan, laki-laki yang sepenuhnya bertanggung jawab atas kamu," kata Atta Halilintar, seperti dikutip Urbanasia, Kamis (8/4/2021).

Komisioner Komnas Perempuan, Siti Aminah mengaku kecewa dengan pernyataan Atta. Ia menyebut pernyataan Atta adalah patriarkis yang menempatkan posisi sosial laki-laki berada di atas perempuan. 

3. Cuitan soal Royalti Hak Cipta Tuai Kritikan, Julian Jacob Minta Maaf

1605073778-Artwork---Julian-Jacob.pngSumber: Julian Jacob. (100 Music)

Julian Jacob minta maaf terkait cuitannya yang membahas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2021 tentang pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau musik, yang telah disahkan Presiden Joko Widodo. 

Dalam cuitan sebelumnya, Julian membebaskan siapa saja untuk memutar lagunya di tempat umum tanpa perlu membayarkan royalti. 

Namun, rupanya cuitan tersebut menuai banyak kritik pedas. Salah satunya datang dari musisi Anji, yang menyebut bahwa pernyataan Julian itu berpotensi menyesatkan masyarakat.

Sadar apa yang dikatakannya menjadi kontroversi, kekasih Brisia Jodie itu menyampaikan permintaan maaf. Dia menyadari bahwa pernyataannya mengenai PP Nomor 56 Tahun 2021 sudah membuat publik menjadi salah paham. 

"Dengan segala hormat, Saya meminta maaf atas cuitan saya yang ternyata bersifat misleading / salah paham kepada beberapa pihak," kata Julian. 

4. Lewat Verstek, Wulan Guritno dan Adilla Dimitri Resmi Cerai

1614651773-Wulan-Guritno-dan-Adilla-Dimitri.jpgSumber: Adilla Dimitri dan Wulan Guritno. (Instagram @adilladimitrihardjanto)

Majelis Hakim Pengadilan Agama Jakarta Selatan mengabulkan gugatan cerai Wulan Guritno terhadap suaminya, Adilla Dimitri secara verstek pada Kamis (8/4/2021).

Keputusan itu diambil secara verstek lantaran keduanya tak hadir pada sidang mediasi. Kemudian sidang hari ini berlanjut pada agenda pembacaan keterangan saksi. 

Usai kesaksian tersebut, majelis hakim kemudian memutuskan bahwa Wulan dan Adilla dinyatakan sah bercerai. Hal tersebut diungkap kuasa hukum Wulan Guritno, Ficky Fernando saat ditemui wartawan usai persidangan. 

"Hari ini agendanya masih panggilan tergugat. Karena, tergugat tidak hadir (dilanjut) di pemeriksaan saksi, dan sudah putusan. Tapi, putusan resminya kita belum terima salinannya," ujar Ficky di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Kamis (8/4/2021).

5. Kawasan Pasar Kambing Tanah Abang Kebakaran, 17 Damkar Diturunkan

1617883511-kebakaran-pasa-kambing.jpegSumber: Kawasan Pasar Kambing Tanah Abang Kebakaran (Twitter @humasjakfire)

Sebuah rumah penduduk di kawasan Pasar Kambing, Tanah Abang, sore ini ludes terbakar. Laporan kebakaran itu diterima petugas pemadam kebakaran (damkar) pukul 16.50 WIB.

Kebakaran berasal dari rumah tinggal yang ada di Jl Sabeni Raya No. 12 RT 1 RW 12 Pasar Kambing, Kecamatan Tanah Abang.

Dari pantauan Urbanasia di akun Twitter @humasjakfire, saat ini pemadam kebakaran masih berupaya memadamkan api yang berkobar.

Dilaporkan sebanyak 17 unit mobil damkar diturunkan untuk memadamkan api. Jumlah ini kemungkinan masih akan bertambah.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait