beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Sekilas Mirip, Ini Beda Cacar Monyet dan Cacar Air!

Griska Laras,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sekilas Mirip, Ini Beda Cacar Monyet dan Cacar Air!
Image: Perbedaan cacar air dan cacar monyet/Freepik Marinademidiuk.

Jakarta – Cacar monyet atau monkeypox jadi perhatian dunia setelah ditetapkan sebagai darurat kesehatan global oleh World Health Organization (WHO). 

Peringatan tersebut dikeluarkan setelah cacar monyet mewabah di 75 negara dengan kasus lebih dari 16 ribu. Monkeypox sendiri merupakan penyakit yang disebabkan infeksi orthopoxvirus. 

Gejala monkeypox memiliki banyak kemiripan dengan cacar air. Adapun gejala yang timbul seperti demam, sakit kepala, kelelahan, nyeri otot, kedinginan, hingga munculnya ruam di kulit.

Biarpun banyak kemiripan, cacar monyet dan cacar air adalah dua penyakit yang berbeda. Berikut beberapa perbedaan cacar air dengan cacar monyet yang bisa dikenali. 

1653048173-Kondisi-cacar-monyet.jpgSumber: Ilustrasi cacar monyet (WHO)

1. Jenis Virus 

Virus penyebab cacar air dengan cacar monyet berbeda. Cacar air berasal dari infeksi virus varicella zoster, yang juga menyebabkan penyakit herpes zoster. Sementara cacar monyet ditularkan oleh hewan yang terinfeksi virus orthopoxvirus. 

2. Masa Inkubasi 

Masa inkubasi penyakit cacar monyet lebih singkat dibandingkan dengan cacar air. Menurut WHO, orthopoxvirus memerlukan waktu 7 – 14 hari sebelum muncul gejala, sedangkan virus varicella zoster memerlukan waktu sekitar 16 hari. 

3. Gejala penyakit 

Gejala penyakit cacar air dan cacar monyet memiliki banyak kemiripan. Adapun gejala penyakit ini antara lain, demam, sakit kepala, kelelahan, kedinginan, nyeri otot, hingga munculnya ruam atau lesi di kulit. 

Biarpun banyak kemiripan, ada satu gejala cacar monyet yang membedakan dengan cacar air, yakni limfadenopati (pembengkakan kelenjar getah bening) di leher dan selangkangan. 

1653903825-Monkeypox-Ilustrasi.jpgSumber: Monkeypox/Freepik

4. Lama Gejala 

Gejala cacar monyet bisa berlangsung sekitar  2 – 4 minggu, tergantung tingkat kekebalan tubuh seseorang. Sementara gejala cacar air umumnya berlangsung 2 minggu dan mereda dalam 7 hari. 

5. Ciri Ruam 

Ruam atau lesi cacar monyet dan cacar air mirip. Keduanya melewati beberapa tahapan sebelum jadi keropeng dan rontok. Pada cacar monyet, ruam terbentuk 1-3 hari setelah demam dan muncul sekaligus. Sedangkan lesi pada cacar air muncul satu per satu. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait