beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Wabah Cacar Monyet Jadi Darurat Global, Kenali Cara Penularannya! 

Griska Laras,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Wabah Cacar Monyet Jadi Darurat Global, Kenali Cara Penularannya! 
Image: Monkeypox/Freepik

Jakarta – Cacar monyet atau monkeypox tengah menjadi perhatian dunia. Belum lama ini organisasi kesehatan dunia (WHO) menetapkan penyakit tersebut sebagai darurat kesehatan global. 

Alarm darurat dinyatakan setelah penyakit tersebut mewabah di 75 negara dengan data kasus lebih dari 16 ribu. Cacar monyet sendiri merupakan penyakit zoonosis yang disebabkan oleh infeksi virus orthopoxvirus. Gejalanya mirip dengan cacar air, yaitu demam, pusing, nyeri otot, hingga ruam di kulit. 

Monkeypox umumnya tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu dua hingga empat minggu. Meski demikian, masyarakat tetap diminta waspada. 

Nah agar tahu cara pencegahan yang tepat, berikut ini beberapa cara penularan (transmisi) penyakit cacar monyet. 

1. Hewan ke Manusia

Penularan dari hewan ke manusia (zoonotik) terjadi lewat kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi. Menurut laporan WHO, masih belum diketahui hewan apa yang menjadi reservoir atau inang utama virus ini. Tapi hewan pengerat dan primata diyakini sebagai pembawanya. 

Di Afrika bukti infeksi virus monkeypox banyak ditemukan pada tupai tali, tikus berkantung, dormice (sejenis rodents), dan monyet. Penularan bisa terjadi lewat gigitan atau cakaran serta paparan cairan tubuh, darah, hingga lesi hewan yang terinfeksi. 

2. Manusia ke Manusia 

Penularan penyakit cacar monyet antarmanusia terjadi lewat kontak dekat yang cukup lama dengan orang yang terinfeksi. Virus ditularkan melalui darah, lesi, droplet, hingga cairan tubuh lain.   

Selain itu, ibu hamil yang terinfeksi monkeypox juga bisa menularkan virus kepada janin lewat plasenta atau kontak dekat dengan bayi setelah persalinan. 

3. Lewat Makanan dan Benda Terkontaminasi

Transmisi virus monkeypox juga bisa menyebar lewat makanan dan benda yang terkontaminasi. Daging hewan terinfeksi yang tidak dimasak dengan baik  berisiko tinggi menularkan virus ke manusia. 

Tak hanya lewat makanan, penularan virus monkeypox juga bisa terjadi lewat benda yang terkontaminasi, seperti tempat tidur, handuk, alat makan, dan pakaian. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait