beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Sertifikasi Halalnya Ramai Dipertanyakan, Mie Gacoan Angkat Bicara

Priscilla Waworuntu,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sertifikasi Halalnya Ramai Dipertanyakan, Mie Gacoan Angkat Bicara
Image: Instagram/mie.gacoan

Jakarta - Baru-baru ini isu terkait halalnya makanan di Mie Gacoan menjadi pertanyaan publik hingga menjadi viral. 

Hal ini bermula dari unggahan TikTok akun @leli.azizah soal Mie Gacoan. Untuk diketahui kreator konten TikTok tersebut memang sering menjelaskan mengenai kualitas, keamanan, dan kehalalan suatu produk makanan dan minuman.

Dalam videonya, ia menjelaskan mengenai Mie Gacoan yang tidak memiliki sertifikasi halal. Hal ini karena restoran tersebut tidak memenuhi salah satu sistem jaminan halal (SJH) yang telah ditetapkan oleh LPPOM MUI. 

Menurut Kriteria Sistem Jaminan Halal HAS 23000, persyaratan nama merek atau produk tidak boleh mengarah pada hal kebatilan, seperti cokelat valentine, biskuit natal, dan lainnya.

Selain itu banyak juga yang berspekulasi bahwa arti dari nama 'Gacoan' sendiri adalah bertaruh dan ini makin membuat netizen meragukan kualitas dari mie Gacoan sendiri, begitupun dengan bahan pokok yang digunakan oleh Mie Gacoan sendiri. 

Nama menu di restoran Mie Gacoan juga tidak biasa, seperti mie iblis, mie stan, dan beberapa nama minumannya seperti es genderuwo, es tuyul, dan lainnya. Maka untuk mendapatkan sertifikasi halal juga sulit. 

Menanggapi hal ini, Juru Bicara PT Pesta Pora Abadi yang menaungi Mie Gacoan, Daryl Gumilar, menegaskan bahwa pihaknya tidak ada niatan buruk dalam memberikan nama produk karena istilah 'gacoan' sendiri artinya jagoan. 

“Merek ‘Mie Gacoan’ telah tumbuh menjadi market leader, utamanya di Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kepulauan Bali, dan sedang dalam jalur kuat untuk berekspansi menjadi merek terbesar nomor satu secara nasional. Di sinilah makna kata Gacoan itu menjadi sangat relevan untuk disandingkan sebagai makna ‘jagoan’ dan bukan berarti, ‘taruhan’,” ungkap Daryl dilansir ANTARA, Selasa (23/8/2022). 

Selain itu, Daryl juga menjelaskan bahwa konsep yang diusung oleh Mie Gacoan adalah bersantap modern dengan harga terjangkau. Bahkan target pasar yang disasar oleh Mie Gacoan adalah untuk kelas mahasiswa dan pelajar, agar mereka bisa tetap eksis dan produktif. 

Soal sertifikasi halal, Daryl meminta maaf karena pihaknya membuat konsumen cemas. Ia memastikan bahwa Mie Gacoan sedang dalam proses untuk mendapatkan sertifikasi tersebut.

Meski belum bersertifikasi halal, Daryl memastikan bahwa Mie Gacoan dibuat menggunakan bahan pokok yang halal dan higienis demi mengedepankan kenyamanan pelanggan. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait