Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Simak, Ini 6 Cara Menghadapi Pasangan yang Manipulatif

Elga Nurmutia,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Simak, Ini 6 Cara Menghadapi Pasangan yang Manipulatif
Image: Ilustrasi pasangan manipulatif (Pixabay/Geralt)

Jakarta - Ketika berada di dalam suatu hubungan, tentu akan menjadi sangat sulit untuk mengidentifikasi kapan pasangan melakukan manipulasi. Hal tersebut bisa begitu membingungkan karena konsep utama dari manipulasi untuk mendapatkan kendali, kekuasaan, atau pengaruh atas seseorang lewat menipu dan begitu sulit untuk benar-benar percaya bahwa seseorang yang kamu cintai melakukan ini kepada kamu.

Pasangan manipulatif ini bisa dilihat dari apa yang dilakukannya, salah satunya gaslighting. Memiliki hubungan dengan pasangan yang manipulatif ini cenderung membuat hubungan menjadi tidak sehat atau biasa disebut toxic relationship. 

Selain itu, agar mampu menghadapi pasangan manipulatif diperlukan beberapa trik khusus. Sehingga kamu tidak terjebak oleh pasangan dalam waktu yang cukup panjang. Adapun, sejumlah tips menghadapi pasangan manipulatif yang telah dirangkum oleh Urbanasia dari berbagai sumber, Selasa (7/9/2021), sebagai berikut.

1. Menetapkan Batas

1630484099-Ilustrasi-pasangan--javaistan.jpgSumber: Ilustrasi pasangan. (Pixabay/javaistan)

Tentukan batas perilaku yang bisa diterima bagi kamu dan menjelaskan jenis perilaku apa yang tidak bisa ditoleransi. Jika ada dalam kondisi tertentu, maka harus meninggalkannya dalam kondisi yang bisa membahayakan dirimu sendiri. Maka, tetapkan batasan yang jelas tentang mempertahankan apa yang diinginkan dan otoritas pengambilan keputusan kamu dalam hubungan.

2. Perhatikan Pola Perilaku Pasangan

1630484090-Ilustrasi-pasangan-panajiotis.jpgSumber: Ilustrasi pasangan. (Pixabay/panajiotis)

Memperhatikan pola perilaku pasangan ini bisa menjadi salah satu cara mengetahui pasangan manipulatif seperti apa. Dalam hal ini direkomendasikan melakukan refleksi untuk mencari tahu tentang apa yang terjadi. 

3. Mencari pertolongan profesional

1614233868-ilustrasi-konsul-dokter.jpgSumber: Ilustrasi konsultasi ke dokter. (Freepik/jcomp)

Mencari pertolongan profesional ini bisa dimulai dengan menghubungi psikolog atau psikiater. Jangan merasa malu untuk mendatangi profesional untuk membantu kebutuhanmu dalam ranah kesehatan mental.

4. Dengarkan suara hati

1624355083-masalah-klise-pacaran---freepik-yanayla.jpgSumber: Ilustrasi. (freepik/yanayla)

Sangat penting dalam mendengarkan suara hati dalam menjalani sebuah hubungan. Jika merasa tidak nyaman dengan perilaku pasangan yang mengganggu, inilah saatnya untuk memperhatikan dan menilai apakah hubungan ini sudah tepat untuk kamu.

5. Jangan takut katakan tidak

1631001315-pasangan-manipulatif-.jpgSumber: Ilustrasi pasangan manipulatif (Unsplash/Isaiah Rustad)

Jika pasangan memaksakan nilai-nilai juga keyakinan mereka kepadamu dan itu tidak sejalan denganmu, ini saat yang tepat untuk mengatakan tidak nyaman. Jangan takut untuk mengatakan tidak pada pasangan, karena akan memberikan dampak pada kesehatan emosional pribadi serta kesehatan emosional dari hubungan yang kalian jalani. 

6. Tidak baik bertahan bersama pasangan manipulatif

1624096469-putusin-pacar---freepik-beststudio.jpgSumber: Ilustrasi pacar (Freepik/Freepik)

Perlu diingat kembali, tidak baik untuk bertahan dalam suatu hubungan bersama pasangan manipulatif. Hubungan akan menjadi tidak sehat dan tidak baik untuk kesehatan mental. 

Setiap orang layak untuk diperlakukan dengan hormat, dan harus memiliki hak untuk bisa mengekspresikan perasaan serta emosinya. Tidak apa-apa untuk mengatakan tidak tanpa harus merasa bersalah karena melakukannya dan akhirnya tahu bahwa kamu layak untuk hidup sehat dan bahagia.

Nah, itu dia sejumah tips menghadapi pasangan yang manipulatif. Semoga Urbanreaders tidak terjebak dan bisa melewatinya. Semoga bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait