beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Sosok Sheikha Moza, Salah Satu Wanita Muslim Terkaya di Dunia

Suci Nabila Azzahra,
25 November 2022 11.19.10 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sosok Sheikha Moza, Salah Satu Wanita Muslim Terkaya di Dunia
Image: Sheikha Moza (Instagram @mozabintnasser)

Jakarta - Sheikha Moza menjadi salah satu orang yang berhasil menarik perhatian para penonton pada pergelaran pembukaan Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar, Minggu (20/11/2022).

Sheikha Moza adalah seorang bangsawan asal Qatar yang masuk ke dalam salah satu wanita muslim terkaya di dunia. 

Sheikha Moza adalah istri kedua dari tiga orang istri yang dimiliki oleh mantan Emir Qatar, Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani. Jumlah kekayaan suaminya adalah US$ 11 miliar (berkisar Rp 143 triliun).

Tidak hanya cantik dan kaya, Sheikha Moza juga dikenal dengan kepintaran dan kecerdasannya. Dia telah mempelopori reformasi sosial dan pendidikan di seluruh dunia selama bertahun-tahun melalui inisiatif terobosannya dalam pendidikan dan pengembangan pemuda.

Sheikha Moza menjabat sebagai Ketua Yayasan Qatar untuk Pendidikan, Sains, dan Pengembangan Masyarakat (QF), sebuah organisasi nirlaba swasta yang didirikan pada 1995.

Proyek andalannya yaitu Kota Pendidikan, yang merupakan sebuah pusat keunggulan akademik yang menampung kampus-kampus cabang dari universitas internasional terkenal. QF juga terlibat dalam berbagai penelitian ilmiah dan proyek pembangunan ekonomi dan sosial.

Selain itu, Sheikha Moza juga menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Kesehatan Tertinggi pada 2009 sampai 2014 dan Wakil Ketua Dewan Pendidikan Tertinggi tahun 2006 hingga 2012. Saat itu, tugasnya membantu melembagakan reformasi top-down sekolah umum Qatar dan sistem perawatan kesehatan.

Sheikha Moza memimpin Sidra Medicine, sebuah rumah sakit pelatihan dan penelitian yang akan menjadi institusi terkemuka untuk perawatan khusus wanita dan anak-anak. Ia juga memegang Msheireb Properties, perusahaan real estate berkelanjutan terkemuka di Qatar.

Dalam perjalanan kariernya, banyak penghargaan yang didapatkan oleh Sheikha Moza, di antaranya Carnegie Medal of Philanthropy dan George Bush Award for Excellence in Public Service.

Pada 2009, Sheikha Moza pun dilantik ke Academie des Beaux Arts de l'Institut de France.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait