beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Anggapan Salah yang Bikin Diet Kamu Gagal

Itha Prabandhani, 5 Desember 2020 16.05.01
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Anggapan Salah yang Bikin Diet Kamu Gagal
Image: Ilustrasi diet. (Pixabay)

Jakarta - Apakah kamu ingin lebih sehat dengan mengatur pola makan yang lebih baik? Pastinya kamu telah melakukan berbagai riset kecil-kecilan dengan mencari informasi dari internet, bertanya pada teman, atau meniru kisah sukses diet selebritas.

Namun, hati-hati, guys. Nggak semua informasi yang kamu dapatkan terbukti benar jika dijalankan.

Banyak anggapan umum mengenai diet yang mungkin berhasil pada sebagian orang. Faktanya, pola makan yang efektif sangat tergantung pada kondisi fisik masing-masing orang. 

Berikut beberapa anggapan umum tentang diet yang malah bisa bikin program diet kamu gagal. Apa aja, sih?

Diet adalah Sekali Proses

1607133165-anggapan-salah-tentang-diet2.jpgSumber: Freepik

Banyak orang berpikir bahwa program diet akan berakhir saat targetnya sudah terpenuhi. Misalnya, menurunkan berat badan. Anggapan yang sering muncul adalah kalau sudah kurus, boleh kembali ke pola makan sebelumnya.

Nah, ini salah banget, guys. Diet adalah program terus menerus yang mesti dilakukan, agar kamu tetap berada dalam kondisi yang kamu inginkan.

Diet = Nggak Makan

1607133179-nggak-makan.jpgSumber: Freepik

Mengurangi asupan makanan memang bisa berpengaruh pada berat badanmu. Tapi, kalau kamu melakukan perubahan drastis pada pola makanmu, kamu malah bakalan merasa lebih lapar dan ingin makan lebih banyak.

Lebih baik kamu makan di saat mulai lapar dan pilih makanan yang mengandung lemak baik dan protein, agar kamu merasa kenyang lebih lama.

Bisa Makan Buah Sepuasnya

1607133172-makan-buah.jpgSumber: Freepik

Untuk mendapatkan gizi seimbang, kamu mesti menyertakan buah di dalam menu harianmu. Tapi, ada beberapa jenis buah yang mengandung banyak gula yang akan langsung diserap tubuh, seperti mangga, ceri, dan nanas. 

Kalau kamu ingin mengurangi berat badan, kamu justru perlu menghindari buah-buah ini. Kamu juga perlu memperbanyak sayur agar asupan serat dalam tubuhmu terpenuhi.

Hindari Gluten Biar Kurus

1607133148-hindari-gluten.jpgSumber: Freepik

Banyak orang menganggap bahwa salah satu cara untuk mengurangi berat badan adalah dengan menghindari makanan yang mengandung gluten. 

Gluten adalah protein yang terdapat dalam tepung dan olahannya, seperti roti atau pasta. Faktanya, kalau kamu menghindari gluten, malah bakal muncul keinginan untuk makan lebih banyak makanan lain. Alih-alih menghindari gluten, kurangi asupan kalori harianmu untuk menurunkan berat badan.

Hanya Mementingkan Angka di Timbangan

1607133186-angka-timbangan.jpgSumber: Freepik

Tujuan utama dari diet adalah membuat badan kamu lebih sehat, guys. Jadi, jangan berfokus hanya pada penurunan berat badan. Kalau kamu sudah menerapkan pola makan yang sehat sekaligus juga berolahraga, otot kamu juga bakal lebih kencang.

Terbentuknya masa otot ini juga bisa berpengaruh pada berat badan kamu. Kunci dari kesuksesan diet adalah konsisten dengan pola makan sehat secara terus menerus.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait