beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Festival Jajanan Bango Resmi Digelar, Hadirkan 90 Kuliner Nusantara 

Griska Laras, 29 Oktober 2022 00.05.10
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Festival Jajanan Bango Resmi Digelar, Hadirkan 90 Kuliner Nusantara 
Image: Lontong Balap Asli Pak Gendut Surabya di Festival Jajanan Bangon 2022/Urbanasia.

Jakarta –  Festival Jajanan Bango kembali digelar tahun ini! Acara kuliner terbesar itu diselenggarakan di Plaza Timur dan Parkir Timur GBK Senayan pada 28 – 30 Oktober. 

Mengusung tema ‘Kenali Rasanya Indonesia’, festival yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI ini hadir untuk menyatukan tekad seluruh #PejuangRasanyaIndonesia dalam mengenali, mencintai, dan melestarikan aneka kuliner otentik nusantara.  

Tema ‘Kenali Rasanya Indonesia’ yang diangkat di Festival Jajanan Bango kali ini diharapkan mampu merepresentasikan kekayaan ragam kuliner bangsa, yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan tradisi kuliner paling kaya di dunia. 

Menteri Pariwisata Ekonomi dan Kreatif Sandiaga Uno menyebut eksplorasi kuliner Indonesia perlu terus dilakukan untuk mendorong kiprah UMKM sektor kuliner agar mampu berkontribusi pada perekonomian bangsa. 

“Saya mengapresiasi pelaksanaan Festival Jajanan Bango sebagai salah satu medium untuk memperkenalkan aneka kuliner otentik sekaligus sosok pengusaha UMKM kuliner tradisional yang legendaris kepada masyarakat,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno secara virtual, Jumat (28/10/2022). 

1666951440-FJB-2022.jpgSumber: Festival Jajanan Bangon 2022/Urbanasia.

Sementara itu, Pakar Kuliner Indonesia William Wongso menilai acara tahunan ini bisa menjadi pendidikan kuliner untuk generasi muda yang saat ini lebih mengenal makanan modern. 

“Masih banyak masyarakat, khususnya generasi muda, yang belum menyadari keunikan kuliner Indonesia. Contoh sederhananya hidangan rendang, banyak yang belum sadar bahwa di Sumatera Barat ada 900 Nagari atau desa yang memiliki komposisi bahan dan bumbu yang berbeda untuk mengolah rendang,” katanya. 

Menurut William, pengetahuan seperti inilah yang perlu disebarluaskan agar masyarakat bisa mengenali, mengapresiasi, dan ikut melestarikan ragam cita rasa dan bahan otentik, hingga perpaduan budaya yang menyatu di dalam sebuah hidangan. 

Di FJB 2022, pencinta kuliner bisa mencicipi 90 makanan khas dari berbagai kota di Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. 

Sepuluh  di antaranya merupakan penjaja kuliner yang dipilih langsung oleh masyarakat melalui gerakan #PejuangRasanyaIndonesia. Sementara 3 di antaranya rekanan dari Tokopedia selaku mitra pelaksanaan FJB 2022. 

Salah satu penjaja kuliner yang difavoritkan adalah Sate Kuah Pontianak Bang Anek. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate ini disajikan dengan bumbu kacang dan kuah berempah.

Pengunjung juga bisa mencicipi restoran legendaris dari berbagai daerah dalam satu tempat sekaligus, seperti Empal Gentong Mang Darma, Lontong Balap Asli Pak Gendut Surabaya, hingga Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih. 

Nah buat Urbanreaders yang ingin datang ke Festival Jajanan Bango 2022, kamu bisa datang pukul 10.00 - 22.00 WIB. Tapi sebelum datang, pastikan kamu registrasi online lebih dulu, ya!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait