beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Mengenal Tradisi Rebo Wekasan dan Kuliner Khasnya

Priscilla Waworuntu,
20 September 2022 11.44.46 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Tradisi Rebo Wekasan dan Kuliner Khasnya
Image: Selamatan ritual rabu wekasan di Pantai Pondok Nongko, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (14/10/2020) (Foto: AntaraNews)

Jakarta - Rebo Wekasan atau Rebo Pungkasan adalah nama hari Rabu terakhir di bulan Safar pada Kalender Jawa. Rebo Wekasan ini dipercaya sebagai hari di mana Allah memberikan malapetaka atau kesialan serta berbagai penyakit kepada orang-orang.

Maka dari itu dibutuhkan sebuah penangkal untuk menolak bala atau kesialan tersebut. Dari sini, muncul sebuah ritual Rebo Wekasan. Pada tahun 2022 ini, Rebo Wekasan akan jatuh pada Rabu, 21 September 2022. 

Beberapa masyarakat Jawa percaya bahwa bulan Safar ini biasanya identik dengan mitos bulan sial atau bulan yang sering banyak bencana. Beberapa aktivitas dilakukan selama hari ini, antara lain tahlilan, berbagi makanan baik dalam bentuk gunungan maupun selamatan, sampai shalat sunnah lidaf'il bala bersama.

Ternyata, selain melakukan beberapa aktivitas tadi, pada ritual Rebo Wekasan ini juga menyediakan beberapa makanan tertentu loh. Beberapa di antaranya adalah:

1. Jenang Sapar atau Bubur Sapar 

1663647655-Bubur-Sapar.jpgSumber: Bubur Safar (Foto: Instagram/dapoerbugito)

Jenang sapar ini kalau dilihat sekilas sebenarnya mirip dengan bubur sumsum karena memiliki adonan berbentuk bulat yang setelahnya dilumuri dengan kuah santan. Jenang Sapar ini juga seringkali disebut sebagai Jenang grendul. Untuk membuatnya pun cukup mudah hanya dengan bermodal beberapa bahan ini saja, tepung beras , tepung ketan, santan kelapa, daun pandan, gula beserta sedikit garam.

 2. Kue Apem 

1663647772-Kue-Apem.jpgSumber: Kue apem (Foto: Pinterest/cookpad.com)

Tradisi membuat kue apem ini juga menjadi salah satu kegiatan yang juga dilakukan ketika Rebo Wekasan. Biasanya, pembuatan kue apem ini akan dilakukan oleh warga setempat secara beramai-ramai. Nantinya akan dibagikan kembali pada semua warga. Kue Apem sendiri melambangkan rasa syukur. 

3. Kue Lemper 

1663648790-Lemper.jpgSumber: Lemper (Photo: Pinterest/resepkoki.id)

Makanan berikutnya yang biasanya ada para ritual Rebo Wekasan adalah lemper. Lemper dipercaya melambangkan orang yang datang ke tempat upacara, hatinya bisa lurus seperti lemper yang lempeng. 

4. Nasi Tumpeng

1663648850-Nasi-tumpeng.jpgSumber: Nasi tumpeng (Foto: Pinterest/sugiri)

 

Melansir dari beberapa sumber, saat ritual Rebo Wekasan juga ada sajian nasi tumpeng sebagai hidangan utama. Jadi ketika melakukan ritual tidak hanya menyajikan makanan manis maupun makanan pembuka. 

5. Ketupat 

1663648938-Ketupat.jpgSumber: Ketupat (Foto: Pinterest/doyanresep.com)

Terakhir pada bulan Safar ini, beberapa masyarakat juga ada yang menggunakan ketupat sebagai makanan pada ritual Rebo Wekasan. Membuat ketupat ini dilakukan karena bisa mempererat tali persaudaraan dan sesama. Selain itu, masyarakat juga bisa melakukan sedekah kepada orang-orang di sekitar agar terhindar dari berbagai malapetaka. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait