menu
user
URguide

Ternyata Ini Alasan Kucing Menatap Dinding yang Kosong

Nivita Saldyni,
16 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ternyata Ini Alasan Kucing Menatap Dinding yang Kosong
Image: Ilustrasi kucing (Freepik/8photo)

Jakarta - Kucing adalah salah satu jenis hewan peliharaan favorit banyak orang. Apalagi hewan berbulu satu ini seringkali menunjukkan tingkah lucu yang menggemaskan. Namun tak jarang juga mereka menujukkan sikap aneh yang tak mudah dipahami, seperti misalnya menatap dinding kosong.

Salah satu tingkah kucing ini sering kali membuat kita kebingungan. Bahkan tak sedikit yang menduga saat kucing menatap dinding kosong, ia sedang melihat makhluk tak kasat mata. Bikin merinding ya, guys.

Tapi ternyata saat kucing menatap dinding kosong bukan berarti di sedang melihat makhluk halus loh. Ada berbagai penjelasan ilmiah yang bisa menjawab perilaku unik kucing satu ini. Berikut penjelasan ilmiah perilaku kucing menatap dinding kosong yang dikutip dari PetPlace, Rabu (7/4/2021):

1. Kucing memiliki penglihatan yang tajam

1617765861-closeup-shot-cat-freepik-wirestock.jpgSumber: Ilustrasi kucing (Freepik/wirestock)

Sebuah studi tahun 2014 yang dilakukan oleh tim dari City University London di Inggris menunjukkan bahwa kucing dapat melihat beberapa spektrum cahaya yang tidak bisa dilihat oleh manusia, seperti salah satunya ialah sinar ultraviolet (UV).

Studi yang dipimpin oleh Ron Douglas itu juga menunjukkan bahwa kucing mampu melihat bahkan ketika cahayanya redup. Sehingga mereka bisa merasakan pantulan dan kilatan cahaya yang bahkan tidak bisa kita lihat, guys.

2. Kucing dapat mendengar hal-hal yang tidak dapat didengar manusia

1617765849-cat-sitting-ground-freepik-wirestock.jpgSumber: Ilustrasi kucing (Freepik/wirestock)

Jangan kaget jika kamu melihat kucing memeriksa sudut kosong di depannya dengan mata mereka saat kamu melihat tidak ada yang bergerak di sana. Sebab, apa yang kamu lihat bisa jadi kucing sedang mendengarkan sesuatu yang tak bisa kamu dengarkan.

Yap, itu karena kucing mudah terdistraksi oleh suara-suara kecil yang bahkan tidak terdengar oleh telinga manusia. Hal tersebut dikarenakan kucing memiliki rentang pendengaran yang tinggi, antara 48 Hz hingga 85 kHz, guys. 

3. Mereka mencoba mencari tahu sesuatu

1585744870-kucing-pixabay-(2).jpgSumber: Kucing. (Ilustrasi/Pixabay)

Menurut ahli, kucing adalah makhluk dengan rasa ingin tahu yang cukup tinggi. Jadi saat kucing sedang menatap dinding kosong begitu lama, bisa jadi mereka sedang mencari tahu sesuatu yang ia lihat maupun dengar. 

Jika kamu melihatnya terdiam, maka bisa jadi mereka sedang mencoba mendeteksi bahaya yang muncul. Tapi tenang, mereka akan bergerak lagi saat merasa aman dari ancaman tersebut. Atau bisa jadi juga saat kucingmu menatap dinding, ia sedang mengintai calon mangsanya. Ingat, meski jauh dari alam liar namun kucing memiliki naluri berburu bawaan guys.

4. Pertanda masalah kesehatan tertentu

1604582869-anak-kucing-pixabay.pngSumber: Ilustrasi anak kucing. (Pixabay)

Perlu Urbanasia ketahui, ada suatu kondisi yang disebut hyperesthesia. Kondisi ini adalah ketika kucing menunjukkan perilaku abnormal, seperti misalnya saat menatap dinding yang kosong. 

Beberapa tanda dari sindrom ini di antaranya kucing secara agresif menyerang ekornya sendiri, pupil kucing membesar, kucing itu mengeong atau melolong dengan keras, atau bisa juga saat kucing sensitif terhadap sentuhan.

Nah hyperesthesia pada kucing biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti stres, gelombang otak yang tidak normal, sinyal elektromagnetik di otak, kecang, atau lesi di sepanjang tulang belakang. Nah jika perilaku ini menyertai kucingmu, jangan ragu minta bantuan ke ahlinya untuk melakukan pemeriksaan lengkap. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait