beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Tinjau Lokasi Gempa Cianjur, Jokowi Pastikan Penanganan Korban Memadai

Nivita Saldyni,
22 November 2022 14.57.14 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tinjau Lokasi Gempa Cianjur, Jokowi Pastikan Penanganan Korban Memadai
Image: Presiden Jokowi (dua dari kiri) bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendy saat tinjau lokasi terdampak gempa di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Selasa (22/11/2022). (Dok. Setkab RI)

Cianjur - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau penanganan korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022). Jokowi menyampaikan belasungkawa dan memastikan para korban mendapatkan penanganan yang memadai.

“Pertama-tama atas nama pribadi, atas nama pemerintah, saya ingin menyampaikan dukacita yang mendalam, belasungkawa atas terjadinya musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat,” ujar Jokowi kepada wartawan di sela peninjauan lokasi terdampak gempa Cianjur, Selasa (22/11/2022).

Ia mengaku telah memerintahkan jajaran Kemenko PMK, BNPB, Basarnas, juga TNI-Polri dan PUPR bekerja sama melakukan penanganan. Khususnya untuk mendahulukan penyelamatan dengan mengevakuasi seluruh korban yang masih tertimbun longsor dan memastikan akses yang terkena longsor kembali dibuka.

“Akses jalan yang kemarin tertimbun, tadi pagi sudah bisa dibuka, alhamdulillah. Dan ini nanti akan dilanjutkan dengan kecepatan dalam penanganan terutama penyelamatan evakuasi untuk yang masih tertimbun,” jelasnya.

Jokowi menambahkan, pemerintah juga akan memberikan bantuan uang tunai untuk korban yang rumahnya rusak akibat gempa bumi. Pemerintah, kata Jokowi, akan memberikan bantuan sebesar Rp 50 juta untuk rumah yang rusak berat, Rp 25 juta untuk rumah yang rusak sedang, dan Rp 10 juta untuk rumah yang rusak ringan.

“Yang paling penting, pembangunan rumah-rumah yang terkena gempa bumi ini diwajibkan untuk memakai standar-standar bangunan yang anti gempa oleh Menteri PUPR karena tadi disampaikan oleh BMKG, gempa ini adalah gempa 20 tahunan. Sehingga pembangunan rumahnya kami arahkan untuk rumah yang anti gempa,” terang Jokowi.

Sebagai informasi, Jokowi menempuh jalur darat untuk meninjau sejumlah lokasi terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur. Beberapa lokasi yang ditinjau diantaranya daerah terdampak bencana, rumah sakit dan posko pengungsian.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengungkap, Jokowi sengaja menggunakan kendaraan roda empat meski semestinya bisa menggunakan helikopter. Hal ini dilakukan untuk memastikan akses jalan yang sempat tertutup akibat gempa, sudah dibuka kembali.

"Presiden ingin memastikan bantuan logistik seperti makanan, minuman, obat-obatan, sembako, dan bantuan lainnya tidak menemui hambatan dalam pengiriman," pungkasnya.

Sebelumnya, Kabupaten Cianjur diguncang gempa magnitudo 5,6 pada Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB. BMKG melaporkan, pusat gempa berada di 10 km arah barat daya dari Kabupaten Cianjur dengan kedalaman gempa 10 km.

Akibat kejadian ini, BNPB mencatat hingga Selasa pukul 09.55 WIB, 103 orang dilaporkan meninggal dunia. Sebanyak 25 lainnya dilaporkan hilang dan masih dalam pencarian, serta lebih dari 300 orang mengalami luka-luka.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait