Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Tips Lindungi Tubuh dari Dehidrasi di Hari Tanpa Bayangan

Nivita Saldyni,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tips Lindungi Tubuh dari Dehidrasi di Hari Tanpa Bayangan
Image: Sinar Matahari. Sumber: Freepik

Jakarta - Urbanreaders, sejumlah daerah di Indonesia akan mengalami hari tanpa bayangan matahari mulai 6 September hingga 21 Oktober 2021 mendatang. Hari tersebut akan terjadi saat kulminasi utama atau ketika posisi matahari tepat di posisi paling tinggi di langit.

Melansir dari keterangan resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), fenomena ini dinamakan hari tanpa bayangan karena ketika posisi matahari berada di atas Indonesia maka tak ada bayangan yang terbentuk oleh benda tegak tak berongga saat tengah hari.

Fenomena ini terjadi karena letak geografis kita garis khatulistiwa. Setiap tahunnya fenomena ini akan terjadi dua kali setiap tahunnya, yaitu pada akhir Februari - awal April dan awal September hingga akhir Oktober.

Namun waktu untuk masing-masing daerah beda ya guys. Kamu bisa mengecek jadwal hari tanpa bayangan di sejumlah kota besar di sini.

Nah saat hari tanpa bayangan tiba biasanya tingkat panas matahari akan lebih tinggi dibandingkan hari-hari biasa guys. Jadi untuk kalian yang beraktivitas di luar ruangan harus lebih menyiapkan diri agar terhindar dari dehidrasi di hari tanpa bayangan.

Berikut beberapa tips penting untuk melindungi diri dari dehidrasi di hari tanpa bayangan yang telah Urbanasia rangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/9/2021) :

1. Perbanyak Konsumsi Air Minum

1617554934-cegukan---freepik-pressfoto.jpgSumber: Minum air putih (Freepik/pressfoto)

Hari tanpa bayangan sebenarnya tak berbahaya. Namun karena cuaca akan terasa lebih panas dari biasanya, maka ada kemungkinan kita jadi lebih gampang haus, terlebih kamu yang beraktivitas di luar ruangan.

Nah untuk menghindari risiko dehidrasi, maka perbanyaklah konsumsi air minum. Kamu bisa mengonsumsi air putih, air mineral, atau infused water. Jangan lupa untuk tetap penuhi minum air putih minimal 8 gelas per hari dan selalu bawa botol minum saat beraktivitas di luar rumah. 

2. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung Antara Pukul 12.00 - 14.00

1598320101-Wajah-yang-terkena-paparan-sinar-matahari.jpgSumber: Wajah yang terkena paparan sinar matahari (Freepik)

Tips selanjutnya, usahakan untuk menghindari sinar paparan matahari saat pukul 12.00 hingga 14.00. Kamu pun bisa melakukannya dengan cara mengurangi intensitas kegiatanmu di luar ruangan saat jam-jam tersebut.

3. Gunakan Pelindung Tambahan saat Beraktivitas di Luar Rumah

1623207922-payung-bts-meal.jpegSumber: Payung BTS x McDonald’s. (WeVerseShop)

Jika memang ada urusan mendesak yang mengharuskan kamu keluar rumah di hari tanpa bayangan, maka jangan lupa gunakan pelindung tambahan untuk melindungi tubuhmu dari efek negatif sinar matahari. Kamu bisa menggunakan payung atau topi saat harus keluar rumah di siang hari.

4. Turunkan Tirai dan Tutup Jendela saat Cuaca Panas

1631101199-Tirai.jpgSumber: Ilustrasi Tirai Jendela (Pixabay/Pexels)

Untuk Urbanreaders yang berkegiatan dari rumah, kamu bisa menutup jendela untuk mencegah masuknya panas matahari saat tiba waktunya hari tanpa bayangan.

Kamu bisa membukanya kembali saat terik matahari sudah mulai berkurang dan cuaca lebih dingin. 

5. Kenakan Pakaian yang Longgar dan Berbahan Dingin Agar Nyaman saat Beraktivitas

1630991309-koleksi-pria.pngSumber: Koleksi Musim Dingin Levi's untuk Pria. (Dok. Levi's)

Saat cuaca sedang panas, gunakan pakaian yang nyaman. Pilihlah pakaian yang longgar dan berbahan dingin untuk menghindari tingginya keringat yang diproduksi oleh tubuh. Dengan begitu, kamu pun bisa beraktivitas dengan nyaman di hari tanpa bayangan.

6. Konsumsi Buah dan Sayur yang Mengandung Kadar Air Tinggi

1607133172-makan-buah.jpgSumber: Ilustrasi buah-buahan (Freepik)

Buah dan sayur bisa menambah kandungan air sekaligus melengkapi asupan nutrisi tubuh kita. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah dan sayur dengan kadar air tinggi selama hari tanpa bayangan bisa membantumu terhindar dari dehidrasi.

Beberapa buah dan sayur berkadar air tinggi yang bisa kamu konsumsi di antaranya semangka, stroberi, melon, mentimun, dan selada.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait