menu
user
URstyle

Tips Memakai Jas Sesuai Kebutuhan Agar Terlihat Modis

Anisa Kurniasih,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tips Memakai Jas Sesuai Kebutuhan Agar Terlihat Modis
Image: ilustrasi jas pria (Freepik/freepic.diller)

Jakarta - Jas menjadi pakaian andalan yang sangat melekat bagi para cowok dalam setiap kesempatan mulai dari datang ke pernikahan, meeting ataupun saat menikah.

Seperti kita tahu, berinvestasi membuat jas itu tidaklah murah. Ketika seseorang memakai jas hal yang akan didapatkan adalah sebuah impresi yang sangat positif dalam kesan pertamanya.

Namun, tak banyak informasi seputar cara mengenakan jas yang benar. Padahal, jika sampai salah model dan style, justru malah akan membuat penampilan menjadi kurang oke bahkan tidak percaya diri ya guys.

Nah, sebagai pelaku Tailor pembuat jas di Jakarta, Kings Tailor & Co punya tips nih untuk para cowok soal bagaimana berpakaian jas dari segi aspek kebutuhannya. 

1. Untuk kebutuhan Kerja (Business Suits)

1614074123-Tips-Memakai-Jas-pria-1.jpgSumber: Gaya memakai jas untuk bisnis (Kings Tailor & Co)

Dalam dunia profesional yang kita tahu seperti profesi banker, lawyer, entrepreneur, investor, atau manager sampai chief level, kebanyakan dari mereka akan lebih sering memakai pakaian formal seperti memakai Jas.

Business Suit cenderung memakai jenis bahan wool ataupun semi wool, karena wool sendiri memiliki karakter bahan yang lebih firm dan rapih saat dipakai. 

“Kami sangat menyarankan untuk kalian yang baru pertama kali membuat jas dan ketika datang ke tailor untuk membuat jas, pilihlah bahan warna navy atau warna grey,” ujar pihak Kings Tailor & Co dalam rilis resminya, dikutip Selasa (23/2/2021).

Soal tone warna, baik muda atau gelap tidaklah masalah guys. Karena, dengan punya dua warna tersebut sudahlah cukup dan bisa dipakai dengan durasi yang sangat lama. Kalian juga bisa mix and match seperti jas nya navy dengan celana grey atau sebaliknya. 

“Kami beranggapan kalian mempunyai empat set dengan hanya punya dua set dengan warna navy dan grey. Adapun saran kami untuk terlihat powerfull cobalah untuk memillih bahan navy yang bermotif seperti pinstripe (motif Garis),” tambahnya.

Nah, untuk pemilihan kemeja dengan tidak memakai dasi, cobalah pilih model swallow collar atau one piece collar untuk terlihat elegant walaupun tidak memakai dasi.

Lalu untuk pemilihan kemeja dengan kondisi memakai dasi cobalah kalian pilih model spread collar atau cutaway collar karena model tersebut terkesan classic dan classy. Pastinya kalian harus memakai dasi panjang berbahan silk atau knit dengan size lebar agar proposional

Adapun untuk dealing, meeting ataupun pitching, ketika kalian sudah mengerti untuk memilih warna cobalah untuk memilih model jas seperti single breasted atau double breasted. Masing-masing mempunyai karakter yang kuat tapi balik lagi dengan kebutuhan dan selera kalian.

2. Untuk Kebutuhan Wedding (Pernikahan)

1614074187-Tips-Memakai-Jas-2.jpgSumber: Gaya memakai jas untuk pernikahan (Kings Tailor & Co)

Pernikahan merupakan momen abadi sekali seumur hidup, jadi sangatlah penting untuk dapat tampil memukau dan sempurna di depan para tamu  undangan.

FYI, jas untuk acara pernikahan sendiri memiliki banyak tipe guys. Termasuk jika disesuaikan berdasarkan lokasi  pernikahan yaitu outdoor serta indoor.

Untuk pernikahan di outdoor, bahan yang cocok untuk dipilih dalam pembuatan jas adalah bahan linen, cotton, dan wool dengan kondisi half lining. Ketiga bahan ini memiliki karakter masing-masing yang berbeda.

Linen sendiri memiliki pori-pori yang besar pada bahannya sehingga kita dapat merasakan lebih adem untuk di pakai di outdoor. 

Lalu memilih bahan wool dan bahan cotton dengan ketebalan bahan yang tipis dan dibuat semi konstruksi sehingga dipakainya sangat nyaman untuk lokasi outdoor.

Nah untuk pernikahan di indoor, bahan yang dapat dipilih dalam pembuatan suit adalah bahan wool (business suit atau Tuxedo), bahan wool blend silk (Tuxedo) atau bahan Velvet (Tuxedo).

Bahan-bahan tersebut dapat dipilih untuk pernikahan lokasi indoor karena memiliki ketebalan dan karakter yang sesuai dalam lokasi indoor. 

Satu hal yang paling penting adalah memilih warna dan motif yang sesuai dengan tema wedding dan warna pakaian mempelai wanita yang dapat menjadikan pernikahan terlihat sempurna.

Pemilihan model jas untuk indoor wedding biasanya adalah single breasted 2Ps atau 3Ps (dengan vest), dan juga double breasted untuk terlihat lebih classic. 

Adapun model jas wedding yaitu Tuxedo berbahan silk wool yang memiliki karakter lebih mengkilat dengan menggunakan kemeja wingtip serta bowtie juga sangatlah serasi untuk wedding indoor yang bertema seperti royal wedding.

3. Untuk kebutuhan Santai

1614074199-Tips-Memakai-Jas-3.jpgSumber: Gaya memakai jas untuk santai (Kings Tailor & Co)

Dalam kebutuhan sehari-hari yang lebih santai, Kings Tailor & Co mempunyai beberapa opsi untuk berpenampilan smart casual dan juga dapat dipilih dalam melengkapi keseharian kalian seperti hangout ke mal, lunch time atau afternoon tea.

Beberapa opsi tersebut adalah sports jacket dan safari jacket. Untuk model sports jacket, Kings Tailor & Co menyarankan pemakaian bahan flannel, linen, cotton dengan konstruksi jacket yang sangat minim jadi terlihat casual. 

Pemakaian Sports jacket juga sangat gampang di mix and match dengan celana jeans maupun celana cotton dan linen. 

Lalu untuk pemilihan safari jacket, Kings Tailor & Co menyarankan memakai bahan linen atau cotton untuk mendapatkan kesan casual tapi tetap terlihat rapih. 

Biasanya untuk safari jacket lebih sangat mudah untuk memilih celananya seperti celana pendek atau celana panjang seperti jeans, cotton dan linen.

Sports jacket dan safari jacket tentunya juga dapat di padukan dengan basic t-shirt. Dari masing-masing tips kebutuhan pemakaian jas tersebut, kalian boleh eksplor sendiri mengenai sepatu seperti dress shoes dengan model oxford atau derby shoes yang terkesan formal atau Loafer shoes yang terkesan lebih semi formal. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait