Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Tokopedi Bagikan Tips Kelola Keuangan untuk Pelaku UMKM

Gagas Yoga Pratomo,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tokopedi Bagikan Tips Kelola Keuangan untuk Pelaku UMKM
Image: Tokopedia Bagi Tips Kelola Keuangan untuk UMKM Menyambut Hari Keuangan Nasional (Tokopedia)

Jakarta - Di Tengah situasi pandemi yang masih belum berakhir, banyak sekali ketidak pastian yang bisa muncul kapan saja. 

Terutama bagi para pelaku UMKM yang banyak terdampak akibat pandemi yang terjadi. 

AVP of Product-Seller Experience Tokopedia, Puput Hidayat, menjelaskan bahwa UMKM harus memiliki kemampuan lebih untuk bisa menghadapi tantangan tersebut. 

“Maka dibutuhkan kemampuan lebih mumpuni dalam mengelola keuangan agar usaha bisa terus bertahan bahkan berkembang,” kata Puput Hidayat dalam rilis tertulisnya, Jumat (29/10/2021). 

“Sebagai perusahaan teknologi Indonesia dengan marketplace, yang terdiri dari lebih dari 11 juta penjual dan hampir 100% nya UMKM lokal, Tokopedia selalu berupaya meningkatkan literasi keuangan penjual lewat edukasi komprehensif hingga inovasi digital,” lanjut Puput. 

Oleh karena itu, menyambut hari keuangan nasional yang jatuh pada 30 Oktober 2021 mendatang, Tokopedia memberikan tips mengelola keuangan untuk para UMKM, berikut tipsnya!

1. Lakukan pembukuan rutin

Pembukuan rutin pengeluaran dan pemasukan merupakan sebuah pencatatan yang penting dilakukan sebagai salah satu cara menjaga kelancaran berbisnis. 

2. Analisis anggaran

Bukan cuma melakukan pembukuan serta evaluasi berkala, pelaku usaha juga sebaiknya menganalisis anggaran untuk mengetahui apakah pengelolaan keuangan berjalan sesuai dengan target atau tidak. 

3, Buat rekening khusus

“Pisahkan rekening pribadi dengan rekening usaha agar bisa lebih mudah mengukur pertumbuhan bisnis. Cara paling mudah adalah membuka rekening baru khusus untuk bisnis. Pegiat usaha bisa memanfaatkan fitur Buka Rekening di Tokopedia untuk mempermudah pembukaan rekening baru,” jelas Puput.

4. Manfaatkan layanan keuangan

Pelaku UMKM juga harus aktif untuk memanfaatkan layanan keuangan. UMKM bisa menggunakan layanan Keuangan di aplikasi Tokopedia Seller, misal cicilan Modal Toko untuk menambah biaya produksi, budget pemasaran atau restock produk, serta secara umum melancarkan pengelolaan arus keuangan toko agar bisnis terus berkembang.

5. Gunakan sistem FIFO

Khusus pelaku yang bergerak di bidang kuliner sistem First In First Out (FIFO) sangat efektif mengantisipasi tanggal kedaluwarsa. 

“Kami juga bekerja sama dengan lebih dari belasan mitra logistik terpercaya, salah satunya Paxel, yang menawarkan sistem pengiriman khusus untuk memastikan produk makin dapat diterima dengan aman, cepat dan terjangkau,” tutup Puput.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait