menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Total Kekayaan Rp 2.108 T, Gimana Pembagian Harta Gono Gini Bill Gates dan Melinda?

Griska Laras,
1 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Total Kekayaan Rp 2.108 T, Gimana Pembagian Harta Gono Gini Bill Gates dan Melinda?
Image: Melinda Gates dan Bill Gates (@melindafrenchgates/Instagram)

Jakarta - Pendiri Microsoft, Bill Gates, kembali menyita perhatian dunia usai mengumumkan perceraian dengan Melinda Ann French. Keputusan ini mereka ambil setelah 27 tahun menjalani kehidupan rumah tangga.

"Setelah melalui banyak pemikiran dan pekerjaan, kami memutusakan mengakhiri pernikahan ini," cuit Bill dan Melinda di akun Twitternya, Selasa (4/5/2021).

Dengan adanya perceraian ini, Bill dan Melinda tentu memerlukan keputusan yang rumit dalam membagi aset mereka setelah puluhan tahun menikah.

Menurut Bloomberg Index, pasangan ini diperkirakan memiliki aset senilai US$ 146 miliar atau sekitar Rp2.108 triliun. Dari mana saja aset itu berasal?  

Melansir Forbes, Bill tercatat sebagai orang terkaya ke-4 di dunia dengan aset sebesar US$ 130 miliar atau senilai Rp 1.8 triliun.

Kekayaan bersih Gates berasal dari Microsoft dan Cascade Investments, sebuah perusahaan investasi yang dibuat dengan hasil penjualan saham Microsoft.

Melalui Cascade, Gates memiliki 47 persen saham di jaringan hotel Four Season dan juga saham di kelompok Berkshire Harhaway milik Warren Buffet.  Adapula saham di beberapa perusahaan publik serta saham perusahaan real estate dan energi.  

Gates juga  memiliki perusahaan modal ventura 'Gates Venture' pada tahun 202016.  Sementara Melinda mendirikan Pivotal Ventures yang dibuat untuk menampung ide-ide diluar struktur Gates Foundation setahun kemudian.

1584528521-billgates.pngSumber: Bill Gates. (zerohedge.com)

Bill dan Melinda juga merupakan ketua sekaligus pengawas dari Bill and Melinda Gates Foundation, organisasi amal yang berfokus pada kesehatan masyarakat, perubahan iklim dan pendidikan.

Yayasan tersebut memiliki aset bersih $43.3 miliar pada akhir 2019 dan kini jumlahnya meningkat hinggaUS$51 miliar (sekitar Rp 736 miliar).  

Pembagian aset setelah menikah

Menurut laporan King County Department of Assessments, pasangan miliarder ini memiliki mansion senilai US$ 130.8 juta di Danau Washington yang terletak di antara Seattle dan Redmond.

Detail keuangan dari perceraian Bill Gates dan Melinda masih belum jelas. Saat ini mereka masih mencari solusi pembagian aset bersama, sesuai dengan kesepakatan perpisahan yang telah mereka ajukan di Pengadilan Tinggi King County.

Jika mereka tidak mendapat solusi membagi aset perkawinan selama 90 hari, maka hakim akan membagi properti yang diperoleh pasangan  secara merata. Mereka juga bisa menyetujui aset tertentu sebagai properti terpisah. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait