menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Profil Melinda Gates, Cerai dari Bill Gates Usai 27 Tahun Menikah

Anisa Kurniasih,
1 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Profil Melinda Gates, Cerai dari Bill Gates Usai 27 Tahun Menikah
Image: Melinda Gates dan Bill Gates (@melindafrenchgates/Instagram)

Jakarta - Kabar perceraian  Bill Gates dan istri, Melinda Gates cukup menghebohkan publik. Pasalnya, keduanya mengumumkan perpisahan mereka setelah 27 tahun menikah lewat akun Twitter masing-masing.

"Selama 27 tahun terakhir kami telah membesarkan tiga anak yang luar biasa dan membangun sebuah yayasan yang bekerja di seluruh dunia untuk memungkinkan semua orang menjalani kehidupan yang sehat dan produktif," tulis keduanya di Twitter.

Meski telah memutuskan untuk berpisah, Bill dan Melinda yang telah dikaruniai tiga orang anak itu tetap berkomitmen untuk menjalankan Bill dan Melinda Gates Foundation bersama.

"Kami terus berbagi kepercayaan pada misi itu dan akan melanjutkan pekerjaan kami bersama sebagai fondasi, tetapi kami tidak lagi percaya bahwa kami dapat tumbuh bersama sebagai pasangan dalam fase selanjutnya dalam hidup kami."

Tak sampai disitu, selesainya hubungan Bill Gates dan Melinda juga menimbulkan pertanyaan baru tentang nasib kekayaan Gates, yang sebagian besar belum disumbangkan ke Gates Foundation. Namun dalam pengumumannya, mereka meminta privasi untuk keputusan besar ini.

Bill Gates memang menjadi salah satu sosok yang cukup berpengaruh di dunia, begitu pula dengan Melinda. Melansir womenshistory.org, sebagai salah satu ketua dari yayasan amal swasta terbesar di dunia, Melinda Gates juga menjadi salah satu wanita paling berpengaruh di bidang filantropi. 

Salah satu pendiri Bill & Melinda Gates Foundation ini bukan hanya seorang pengusaha wanita yang paham teknologi, tetapi dia juga seorang pendukung kesetaraan wanita. Di awal tahun 2019, ia menerbitkan buku pertamanya yang berjudul The Moment of Lift: How Empowering Women Changes the World.

1620110907-melinda-gates.jpegSumber: Melinda Gates (@melindafrenchgates/Instagram)

Melinda Gates lahir sebagai Melinda Ann French pada tanggal 15 Agustus 1964. Anak kedua dari empat bersaudara, Gates dibesarkan di Dallas, Texas bersama keluarganya. Ayahnya Raymond Joseph French Jr. adalah seorang insinyur kedirgantaraan yang bekerja pada program luar angkasa Apollo, dan ibunya Elaine Agnes Amerland adalah seorang ibu rumah tangga.

Ketika berusia 14 tahun, ayah Melinda membeli komputer Apple II, yang merupakan salah satu komputer pertama yang dijual ke konsumen. Melinda kemudian belajar pemrograman komputer dan meyakinkan orang tuanya untuk meletakkannya di kamar tidurnya sehingga dia bisa bermain game komputer. 

Kecintaannya pada sains dan teknologi berlanjut ketika dia menghadiri Ursuline Academy, sekolah menengah Katolik khusus perempuan di Dallas. Di tahun terakhirnya, dia mengikuti tur kampus Duke University dan jatuh cinta dengan departemen ilmu komputer kampus tersebut. Ketika lulus dari Ursuline Academy, setahun kemudian, dia melanjutkan untuk mengejar gelar sarjana di bidang ilmu komputer dan gelar masternya di bidang bisnis dari Duke University.

Setelah lulus, Gates ditawari pekerjaan di IBM, namun menolaknya. Ia justru memilih untuk bekerja di perusahaan perangkat lunak yang lebih kecil bernama Microsoft. Microsoft akhirnya tumbuh menjadi perusahaan Fortune 500 dengan nilai lebih dari US$ 1 triliun. 

Bergabung dengan tim pada tahun 1987, Melinda merupakan rekrutan termuda dan satu-satunya wanita dalam kelompoknya yang terdiri dari sepuluh karyawan baru dengan gelar bisnis. 

Dia datang sebagai manajer pemasaran dan mengembangkan produk multimedia seperti Microsoft Cinemania, Publisher, Word, dan Expedia.com. Dia pun kemudian dipromosikan menjadi Manajer Umum Produk Informasi dan memegang posisi itu sampai dia meninggalkan Microsoft pada tahun 1996. 

Empat bulan setelah dia mulai bekerja di Microsoft, Melinda bertemu Bill Gates di pameran dagang PC Expo di New York City. Keduanya bertemu di Microsoft ketika Melinda bekerja di sana sebagai software engineer, dan mulai berkencan. Pada 1994, Bill Gates dan Melinda Gates melangsungkan pernikahannya di Pulau Lanai Hawaii. 

Setelah meninggalkan Microsoft, Melinda Gates menjabat sebagai Dewan Pengawas untuk Duke University dari tahun 1996 hingga 2003. Pada tahun 1997, Gates memulai pekerjaan advokasi dan filantropisnya dengan ikut mendirikan Yayasan Perpustakaan Gates bersama suaminya. 

Selain itu, Melinda Gates telah mempelopori inisiatif yang mendukung hak-hak wanita. Ia memimpin London Summit on Family Planning pada tahun 2012.

Dia juga memulai perusahaan investasi dan inkubasi bernama Pivotal Ventures untuk mengatasi ketidaksetaraan gaji, dan mendukung pendiri wanita di Amerika Serikat. Gates saat ini tinggal di Medina, Washington bersama keluarganya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait