beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtrending

Kepala Bea Cukai Jogja Ketahuan Hedon di Medsos, Kemenkeu: Copot!

Urbanasia, Kamis, 2 Maret 2023 09.09 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kepala Bea Cukai Jogja Ketahuan Hedon di Medsos, Kemenkeu: Copot!
Image: Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. (Dok. BC Yogyakarta)

Jakarta - Kebiasaan memamerkan harta oleh pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan kembali terjadi. Belum selesai masalah yang menimpa Rafael Alun Trisambodo, kini publik menyoroti nama lain yaitu Eko Darmanto. 

Eko Darmanto adalah Kepala Bea Cukai Yogyakarta. Ia turut disorot publik karena dianggap gemar memamerkan gaya hidup hedon di media sosial. 

Bagaimana tidak, dalam Instagramnya @eko_darmanto_dc, Eko sering mengunggah foto atau video dirinya sedang mengendarai mobil atau motor mewah. 

Selain itu, ada pula foto dan video ketika Eko memamerkan Pesawat Cessna. Namun rupanya, pesawat itu bukan milik Eko pribadi, melainkan milik Federasi Aero Sport Indonesia (FASI). 

Dalam video dan foto yang lain, tampak pula Eko yang sedang berlibur ke sebuah kota di luar negeri. 

Hanya saja, akun Instagram tersebut sudah tidak bisa dicari. Kuat dugaan, akun itu hilang menyusul ramainya kasus Rafael Alun. 

Namun, meski akunnya sudah hilang, tangkap layar isi feed Instagram itu masih bisa ditemui di sejumlah platform. 

1677719149-Eko-Darmanto-Pamer-Harta.jpegTangkap layar feed Instagram Eko Darmanto yang dinilai suka pamer harta. (Repro)

Eko Darmanto Dicopot

Sama seperti Rafael Alun, kebiasaan memamerkan harta kekayaan yang dilakukan Eko Darmanto ini juga mendapat sorotan tajam dari Kementerian Keuangan. 

Diketahui, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai memang merupakan salah satu instansi di bawah Kementerian Keuangan. 

Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara mengaku sudah menginstruksikan kepada Ditjen terkait agar mencopot Eko Darmanto dari jabatannya. 

“Dalam rangka pemeriksaan, saya telah menginstruksikan agar yang bersangkutan dibebastugaskan pencopotan dari jabatan secepat mungkin,” kata Suahasil dalam jumpa pers pada Rabu (1/3/2023) kemarin. 

Suahasil menambahkan, pihaknya sudah memanggil Eko Darmanto untuk dimintai keterangan. Salah satu yang diklarifikasi adalah foto dan video dirinya memamerkan pesawat Cessna. 

Dalam klarifikasi itu, kata Suahasil, diketahui bahwa pesawat tersebut bukan milik pribadi, melainkan milik FASI. 

“Menurut yang bersangkutan, foto tersebut diambil dalam rangka latihan terbang,” kata Suahasil. 

Eko Darmanto, imbuh Suahasil, juga sudah mengakui bersalah atas perbuatannya suka memamerkan harta kekayaan. Eko juga berjanji akan memperbaikinya. 

Lebih lanjut, Suahasil juga sudah meminta Inspektorat Jenderal Kemenkeu bersama Ditjen Bea Cukai untuk mencocokkan laporan harta dan utang dalam LHKPN Eko Darmanto. 

“Termasuk laporan SPT pajaknya serta mendalami pelanggaran etika disiplin saudara ED,” pungkasnya. 

Pengunduran Diri Rafael Alun Ditolak

Dalam kesempatan yang sama, Suahasil juga menyampaikan pihaknya menolak pengajuan pengunduran diri Rafael Alun Trisambodo dari statusnya sebagai aparatur sipil negara (ASN) Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu.

“Pengajuan pengunduran diri oleh saudara RAT ditolak,” kata Suahasil dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (1/3/2023). 

Penolakan pengunduran diri dilakukan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 sebagaimana terakhir telah diubah menjadi PP Nomor 17 Tahun 2020 dan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 3 Tahun 2000.

Suahasil menambahkan, beleid tersebut berisi pegawai yang sedang berada dalam proses pemeriksaan tidak dapat mengundurkan diri.

Sebagaimana diketahui, saat ini sedang dilakukan pemeriksaan terhadap harta kekayaan Rafel lantaran sempat dicurigai usai kasus penganiayaan dan pamer harta anaknya.

Pengajuan pengunduran diri Rafael dilakukan usai Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mencopot jabatan pegawai Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) tersebut. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait