Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URsport

Utak-atik Mesin Motor, Maverick Vinales Dihukum Yamaha

Rezki Maulana,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Utak-atik Mesin Motor, Maverick Vinales Dihukum Yamaha
Image: Maverick Vinales dihukum absen di MotoGP Styria 2021 (motogp.com)

Spielberg - Maverick Vinales harus absen di MotoGP Austria akhir pekan ini. Pasalnya, Vinales dihukum karena ketahuan mengutak-atik mesin motor Yamahanya. Duh!

Vinales pekan lalu mengalami nasib sial. Pada balapan MotoGP Styria di Red Bull Ring, Spielberg, Vinales yang sempat berada di depan usai start mengalami masalah motor usai balapan diulang kembali, karena insiden Dani Pedrosa.

Motor Vinales tidak mau menyala dengan sempurna sehingga dia harus start dari paddock. Hal ini yang membuat Vinales kesulitan kembali bersaing di barisan terdepan dan akhirnya finis di posisi paling belakang.

Masalah tak sampai di situ saja, Vinales rupanya bikin ulah karena menggeber motornya saat masuk ke paddock di akhir balapan. Investigasi lantas dilakukan Yamaha usai balapan itu.

Setelah beberapa hari proses dilakukan, Yamaha akhirnya menemukan indikasi Vinales sudah melakukan tindakan berbahaya dengan mengutak-atik mesin motor YZR-M1 miliknya.

Alhasil, mesin motor menjadi bermasalah karena tindakan ilegal Vinales. Pabrika asal Jepang itu lantas menghukum Vinales dengan mencoretnya dari balapan Austria Minggu 15 Agustus.

"Yamaha mengumumkan pebalap Yamaha Monster Energy Maverick Vinales tidak akan membalap di MotoGP Austria akhir pekan ini," ujar pernyataan resmi Yamaha.

"Absennya sang pebalap dikarenakan skorsing yang dijatuhkan tim Yamaha, karena ada aksi tidak wajar yang dilakukan di motornya pada MotoGP Styria lalu."

"Keputusan ini diambil Yamaha setelah hasil analisis telemetri dan data yang dilakukan dalam beberapa hari terakhir."

"Yamaha menyimpulkan bahwa aksi yang dilakukan pebalap membuat motor YZR-M1 rusak berat dan dapat menimbulkan risiko serius kepada pebalap sendiri, serta pebalap lainnya di MotoGP," tutup pernyataan tersebut.

Tidak ada pebalap pengganti untuk Vinales di seri Austria ini. Yang pasti kasus ini membuat hubungan Vinales dan Yamaha makin memanas saja. Sebab Vinales menganggap Yamaha tidak memperlakukannya dengan baik, sehingga dia sulit tampil bagus.

Ini pula yang membuat Vinales meninggalkan Yamaha akhir musim ini, lebih cepat setahun dari kontraknya yang tuntas 2022.  Maverick Vinales saat ini ada di posisi keenam klasemen MotoGP 2021 dengan 95 poin.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait