Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Viral Video Penumpang Buka Pintu Darurat, Pesawat Gagal Terbang

Elga Nurmutia,
29 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Viral Video Penumpang Buka Pintu Darurat, Pesawat Gagal Terbang
Image: Pesawat gagal terbang karena penumpang membuka pintu darurat (Foto: screenshot twitter @JowoShitPost)

Jakarta - Belum lama ini, jagat maya dihebohkan dengan video aksi seorang penumpang yang membuka pintu darurat pesawat. Kejadian tersebut dilakukan oleh Kepala Desa Nglebak, Blora, Jawa Tengah yang bernama Sudarto (57) dan menjadi perhatian publik. 

Akibat ketidaktahuannya, pesawat yang ditumpanginya bersama Kades lainnya pun gagal terbang.

Meskipun begitu, terlihat detik-detik Kades Nglebak melakukan aksinya yang terekam oleh salah satu penumpang diunggah melalui akun Twitter @jowoshitpost. Sudarto juga sempat diingatkan penumpang lainnya untuk tidak membuat pintu darurat pesawat yang tepat berada disebelah kursinya.

Berdasarkan rekaman video tersebut, ia nampak menggunakan topi merah serta baju lengan panjang biru. Lalu, terdengar sosok pria yang berteriak aksi Sudarto ini membahayakan bagi penumpang lainnya.

"Bahaya lho itu pak, bahaya" ujar salah satu penumpang pria, dikutip Urbanasia dari akun Twitter @jowoshitpost, Jumat (24/12/2021).

Bahkan, salah satu pramugari pun menghampirinya dan mengatakan tidak boleh membuka pintu darurat sembari mengucapkan kalimat istighfar.

"Jangan pak, jangan. Astaghfirullah," kata salah seorang pramugari tersebut.

Usai kejadian tersebut, penerbangan Citilink rute Jakarta menuju Blora, pada Senin (20/12/2021), pun gagal dan rombongannya pun ikut turun.

Sementara itu, Sudarto mengaku tidak sengaja membuka pintu darurat pesawat yang ditumpanginya. Awalnya, Kades tersebut berada di kursi paling depan pesawat, akan tetapi pramugari memintanya untuk pindah ke sebelah pintu darurat.

“Mungkin tangan saya nggak sengaja menekan panel atau tombol membuka pintu darurat. Itulah terjadinya,” jelas Kades Nglebak, Blora, Jawa Tengah, Sudarto, dikutip dari Antaranews.

Akhirnya, Sudarto pun diinterogasi oleh pihak maskapai dan memilih pulang ke Blora dengan menggunakan moda transportasi darat atau naik bus.

Bukan hanya itu, Sudarto juga mengaku bersedia bertanggungjawab atas kejadian gagal terbang tersebut. Ia bersedia untuk mengganti biaya perjalanan rombongan kades yang harus berpindah moda transportasi akibat penerbangan yang dibatalkan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait