Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtrending

Viral! Video Teknisi yang Perbaiki Kabel Bawah Laut Jasuka Tuai Simpati

Deandra Salsabila,
29 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Viral! Video Teknisi yang Perbaiki Kabel Bawah Laut Jasuka Tuai Simpati
Image: video viral teknisi memperbaiki kabel bawah laut (TikTok/@DhanePriyanto)

Jakarta - Masyarakat akhir-akhir ini sedang diresahkan oleh menurunnya kecepatan internet IndiHome dan jaringan Telkomsel. Video mengenai teknisi TelkomGroup yang menyelam demi memperbaiki kabel bawah laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan (JaSuKa) pun beredar di kalangan netizen.

Dalam video yang viral tersebut, berbagai komentar netizen mulai dari yang lucu hingga simpati pada teknisi tentang kabel laut JaSuKa bermunculan.

Dalam video di akun TikTok @firstlegend28 misalnya, terlihat potret seorang teknisi sedang memperbaiki kabel di bawah laut. Tak hanya itu, ada juga potret kabel yang terlihat putus. Kerusakan tersebut diduga menjadi penyebab di balik menurunnya kecepatan internet IndiHome dan jaringan Telkomsel beberapa hari ini. 

Dalam komentar, terlihat banyak netizen yang turut mendoakan agar petugas dipermudahkan dalam memperbaiki kabel jaringan tersebut.

“Ya Allah mudahkan untuk melakukan memperbaiki kabel jaringan Telkomsel,” tulis akun @ahmadzafranwicaks.

“Ya Allah semoga semua petugas diberikan keselamatan amin yarobbal alamin,” tulis akun @bayuramadhan3232.

Lalu, apa itu kabel JaSuKa? Kabel laut Jasuka adalah sistem komunikasi yang menghubungkan ruas Batam hingga Pontianak. Kabel tersebut berada di kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.

Dilansir melalui submarinecablemap.com, panjang kabel Jasuka mencapai 10.860 km. Menurut laman tersebut, pembangunan kabel laut Jasuka sudah dimulai sejak 2006 oleh PT Telkom Indonesia. Kabel laut Jasuka jugs terdiri dari empat kanal 40G dan memiliki daya tampung hingga 16 kali lipat dari jalur kabel konvensional.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait