Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

Wadahi Balap Liar, Polda Metro Bakal Gelar Drag Race di Ancol

Anisa Kurniasih,
8 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Wadahi Balap Liar, Polda Metro Bakal Gelar Drag Race di Ancol
Image: Polisi menindak pengendara motor yang melanggar saat razia di kawasan Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Minggu (2/8) dini hari. (ANTARA)

Jakarta -  Polda Metro Jaya akan menyediakan lokasi khusus untuk dijadikan arena balap untuk memfasilitasi para pelaku balap liar yang kerap beraksi di jalan raya dan meresahkan masyarakat. 

Dalam pertemuan terbatas Polda Metro Jaya dengan IMI dan manajemen Taman Impian Jaya Ancol, disepakati bahwa kompetisi resmi untuk memfasilitasi pebalap liar di Jakarta akan mulai digelar pada Januari 2022.

Polda Metro Jaya juga telah membuka pendaftaran kompetisi resmi pada 15 Januari untuk pebalap liar seri pertama untuk kuota peserta 350 orang melalui laman loket.com.

Hal itu disampaikan Dirlantas Polda Metro Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat mengumumkan pembukaan pendaftaran kompetisi, Selasa (11/1/2022).

 "Pokoknya kuota 350 pendaftar pertama bisa ikut perdana tanggal 16 Januari 2022," ujar Sambodo kepada wartawan.

Sambodo mengungkapkan, pihaknya akan meminimalisasi adanya taruhan dalam ajang balapan ‘Drag Race’ yang diinisiasi Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran itu, dengan menyiapkan hadiah dari sponsor. 

Melansir Antara, lokasi trek lurus  yang disiapkan ialah sepanjang 800 meter di Jalan Inspeksi Kali Ancol dengan lintasan lurus sepanjang 500 meter untuk balapan dan 300 meter untuk jarak pengereman.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat melahirkan para pebalap profesional yang mampu bersaing dalam acara berskala nasional maupun internasional, bahkan sekelas MotoGP.

Nah, persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pebalap salah satunya adalah pebalap di bawah usia 17 tahun harus mendapat izin orang tua.

Rencananya balapan akan dibagi ke dalam tujuh kelas, mulai dari vespa, motor bebek dua tak hingga empat tak. Meski demikian, pihaknya masih berkomunikasi dengan komunitas balap liar untuk menentukan kelas yang akan digelar nantinya.

"Macam-macam (kelas). Ada sport dua tak, motor bebek dua tak, bebek empat tak, kelas vespa. Itu opini dari komunitas," kata Sambodo.

Pihaknya juga tengah mengatur lokasi untuk para penonton yang menyaksikan balapan tersebut. Nah, apakah Urbanreaders tertarik ikutan?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait