Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Wamenkes: Harga PCR Rp 300 Masuk Akal untuk Dilaksanakan

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Wamenkes: Harga PCR Rp 300 Masuk Akal untuk Dilaksanakan
Image: Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono (Dok. Setkab RI).

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar harga tes PCR diturunkan menjadi Rp 300 ribu.

Merespons permintaan tersebut, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyatakan bahwa nominal tersebut masuk akal untuk dilaksanakan.

"Setelah dihitung-hitung, kelihatannya angka Rp 300 ribu itu menjadi angka yang mungkin masuk akal dan riil untuk dilaksanakan," kata Dante kepada wartawan di Jakarta, Selasa (26/10/2021).

Menurutnya, rekomendasi tarif baru yang diajukan Jokowi itu bukan tanpa perhitungan yang matang. Melainkan sudah mempertimbangkan komponen pendukung PCR, seperti bahan baku reagen, kapasitas, tenaga medis hingga distribusi barang.

Oleh karena itu saat ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kata Dante mulai melakukan persiapan terkait penurunan tarif tes PCR. Salah satunya, Kemenkes tengah melakukan permodalan untuk menyederhanakan harga reagen sebagai komponen terpenting PCR.

"Karena itu adalah komponen terbesar dari seluruh pembiayaan dalam tes PCR," imbuh Dante.

Langkah ini menurutnya merupakan salah satu hal penting dalam pencegahan gelombang susulan COVID-19.

Untuk itu Dante optimis bahwa perhitungan matang yang direkomendasikan pemerintah bisa menekan tarif PCR hingga di bawah atau menjadi Rp 300 ribu per orang dari harga eceran tertinggi (HET) saat ini Rp 499 ribu per orang. 

"Karena data yang paling penting untuk melakukan identifikasi COVID-19 untuk mencegah terjadinya gelombang-gelombang berikutnya adalah melakukan testing yang tepat," katanya.

"Testing ini dapat dilakukan oleh masyarakat secara luas apabila harganya terjangkau dan apa yang disampaikan oleh Bapak Presiden, kami tindak lanjuti secara teknis," tutup Dante.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait