beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Yakin Sudah Move On? Ini 5 Tanda Kamu Siap Pacaran Lagi

Yakin Sudah Move On? Ini 5 Tanda Kamu Siap Pacaran Lagi
Image: Ilustrasi Pacaran. (freepik/prostooleh)

Jakarta - Perpisahan memang nggak mudah, apalagi harus menjalani kehidupan sehari-hari sebagai seorang lajang lagi setelah pacaran bertahun-tahun. Pasti akan sering terlintas pertanyaan berapa lama kamu akan pacaran lagi setelah putus dari mantan.

Kamu mungkin bertanya pada teman tentang hal itu, dan mereka akan mendesakmu untuk segera menemukan pengganti. Berbeda lagi jika kamu bertanya pada orang lain, mungkin mereka akan menyarankan untuk menunggu minimal enam bulan pasca putus. Justru ini malah membuatmu bingung.

Itulah mengapa saran terbaik adalah kembali fokus dengan diri sendiri dan berhenti mendengarkan saran dari luar tentang berapa lama kamu harus kembali menjalin hubungan asmara. Ini harus menjadi prioritas teratasmu biar nggak terburu-buru pacaran lagi.

Menurut para ahli, inilah tanda-tanda yang mengisyaratkan kamu sudah siap untuk kembali menjalin hubungan romantis dengan seseorang setelah lama putus dari mantan.

1. Sudah Belajar Memahami Diri Sendiri

1640676135-selflove-1.jpgSumber: Ilustrasi mencintai diri sendiri. (Freepik/wayhomestudio

Nggak ada garis waktu khusus untuk bersedih karena putus cinta, move on, dan mulai berkencan lagi. Seorang terapi pasangan, Janet Zinn mengatakan, kamu nggak perlu ragu untuk menikmati seberapa lama pun waktu yang kamu butuhkan guna mengatasi kemarahan atau kesedihan setelah putus.

Kamu bisa mengambil satu bulan, enam bulan, atau bahkan berapa tahun untuk fokus dengan diri sendiri dan kembali melihat pelajaran apa saja yang kamu dapat setelah putus cinta. Lakukan hal ini untuk membantu kamu tumbuh dan berkembang menjadi pasangan yang lebih baik di hubungan berikutnya.

2. Siap Jadi Pasangan yang Baik

1654588949-Pasangan-romantis.jpgSumber: Ilustrasi Pasangan Romantis (pexels.com)

Kamu nggak akan bisa membawa diri versi terbaikmu ke hubungan baru jika kamu masih fokus pada masa lalu. Pelatih hubungan bersertifikat, Rosalind Sedacca menyarankan agar kamu menunggu sampai kamu merasa benar-benar bisa jadi pasangan yang baik sebelum kembali pacaran. Mulai dari menyembuhkan diri sendiri dan memaafkan diri sendiri juga mantan atas kekecewaan dan luka yang kamu rasakan. 

Sedacca juga menuturkan, hubungan di masa depanmu akan jauh lebih baik jika kamu sudah bisa melepaskan rasa sakit, dendam, keraguan, dan kemarahan lama, atau paling tidak kamu sudah mulai melakukannya. Jika kesulitan, pergi dan carilah bantuan profesional seperti terapis untuk membantu kamu mengatasinya.  

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait