beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

YouTube Rilis Fitur Baru untuk Informasi Kesehatan Lebih Kredibel

Shinta Galih,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
YouTube Rilis Fitur Baru untuk Informasi Kesehatan Lebih Kredibel
Image: Google

Jakarta - YouTube memperkenalkan panel sumber informasi kesehatan baru pada video untuk memberi konteks. Selain itu diharapkan membantu penonton mengidentifikasi video dari sumber kredibel, serta playlist konten kesehatan yang akan menyoroti video-video dari sumber tersebut dengan lebih efektif saat menelusuri topik tertentu seputar kesehatan. 

Mulai minggu ini, pengguna di Indonesia dapat melihat beberapa fitur baru di samping hasil penelusuran dan video terkait kesehatan, juga tetap dapat menemukan video yang relevan dari berbagai sumber di hasil penelusuran mereka.

YouTube juga bekerja sama dengan ahli kesehatan guna menghubungkan pengguna ke konten yang bermanfaat. Dari mencari tahu penyebab, gejala, atau pencegahan diabetes, memahami cara mencegah kanker serviks, atau mencari jawaban dokter tentang pertanyaan seputar sakit lambung, maupun memahami lebih lanjut tentang keguguran kandungan, sehingga dapat membantu masyarakat membuat keputusan yang lebih baik dalam hal kesehatan. 

“Penyediaan informasi kesehatan yang kredibel adalah upaya yang harus terus dikembangkan secara kolektif antara pemerintah, penyedia layanan kesehatan, masyarakat dan juga penyedia layanan teknologi digital. Oleh karena itu, kami mengapresiasi diluncurkannya fitur terbaru YouTube PERIKSA (Penyedia Ragam Informasi Kesehatan Anda) untuk menyediakan ruang khusus bagi informasi kesehatan yang kredibel di YouTube dan mengajak masyarakat untuk secara aktif meningkatkan kesadaran kesehatan dengan menggunakan teknologi digital,” ungkap Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan RI, Kamis (11/8/2022).

Dalam mengidentifikasi sumber mana saja yang disertakan dalam fitur kesehatan baru ini, pada awalnya YouTube menggunakan serangkaian prinsip yang disusun oleh National Academy of Medicine (NAM) dari Amerika Serikat. Namun, seiring diperluasnya fitur ini ke seluruh dunia, YouTube ingin memastikan bahwa kami menggunakan prinsip yang konsisten dalam mengidentifikasi sumber berita kesehatan resmi di seluruh dunia. 

Belum lama ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan NAM mengadakan pertemuan bersama para ahli dari berbagai disiplin ilmu dari seluruh dunia untuk meninjau dan memvalidasi prinsip-prinsip yang akan digunakan secara global. 

Di Indonesia, YouTube mengaku telah bekerja sama dimulai dengan 14 rumah sakit negeri dan swasta, serta dengan dokter, kreator konten yang diharapkan dapat menjembatani kesenjangan informasi antara kunjungan dokter dan setelahnya, memberikan akses ke informasi yang kredibel dan dapat dipahami saat masyarakat membutuhkannya.

Selain itu, melalui program Program Pelapor Tepercaya YouTube (Trusted Flagger), YouTube menjalin bermitra dengan jaringan global lebih dari 300 lembaga pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat (LSM), salah satunya ARSPTN (Asosiasi Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri) yang mencakupi 37 Rumah Sakit anggota yang akan membantu memberitahukan konten yang melanggar Pedoman Komunitas kepada YouTube. 

“Selama bertahun-tahun bekerja di bidang kesehatan masyarakat dan praktik kedokteran, saya telah melihat sendiri manfaat memberikan informasi yang tepat kepada pasien saat mereka membutuhkannya. Saya percaya bahwa YouTube berpotensi menjadi sarana pembawa perubahan di bidang kesehatan masyarakat dan bisa memberi dampak positif dalam skala besar kepada masyarakat," terang Dr. Garth Graham, MD, Director and Global Head of Healthcare and Public Health, YouTube. 

"Fitur-fitur baru ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan peran platform kami dalam menghubungkan masyarakat ke informasi berkualitas tinggi. Kami tahu masih ada banyak hal yang perlu ditingkatkan dan untuk itu kami akan terus melakukan berbagai upaya dalam jangka panjang,” pungkasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait