beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Zelensky Klaim Ukraina Berhasil Rebut 6.000 Km Wilayah dari Rusia

Putri Rahma,
13 September 2022 14.49.23 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Zelensky Klaim Ukraina Berhasil Rebut 6.000 Km Wilayah dari Rusia
Image: Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Instagram @zelenskiy_official)

Jakarta - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengklaim pasukannya berhasil merebut kembali wilayah seluas 6.000 km persegi (2.320 mil persegi) dari pasukan Rusia.

“Sejak awal September, tentara kami telah membebaskan 6.000 km persegi wilayah Ukraina Timur dan Selatan. Dan kami bergerak lebih jauh,” kata Zelensky, mengutip ALJAZEERA, Selasa (13/9/2022).

Pasukan Ukraina telah memperoleh lebih banyak keuntungan, mendorong hingga ke perbatasan timur laut. Pihaknya juga mengklaim telah menangkap banyak tentara Rusia sebagai bagian dari serangan kilat yang memaksa Moskow untuk mundur dengan cepat.

“Di beberapa daerah di garis depan, para pembela kami mencapai perbatasan negara bagian Federasi Rusia,” ucap Synyehubov  Gubernur wilayah Timur, Kharkiv.

Seorang juru bicara intelijen militer Ukraina mengatakan bahwa pasukan Rusia menyerah secara massal karena mereka memahami situasi yang terjadi. Seorang penasihat presiden Ukraina mengatakan bahwa ada begitu banyak tawanan perang sehingga negara kehabisan ruang untuk menampung mereka.

Penasihat presiden Ukraina Oleksiy Arestovich tidak menjelaskan secara rinci jumlah tahanan Rusia, tetapi ia mengatakan tawanan perang ini akan ditukar dengan tentara Ukraina yang ditahan oleh Moskow.

Juru bicara intelijen militer Andriy Yusov mengatakan pasukan perang yang tertangkap termasuk dalam sejumlah besar perwira Rusia.

Selain itu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan Ukraina telah membuat kemajuan secara signifikan di tengah serangan yang masih berlangsung.

“Apa yang telah mereka lakukan direncanakan dengan sangat metodis dan tentu saja it mendapat manfaat dari dukungan signifikan dari Amerika Serikat dan banyak negara lain dalam hal memastikan bahwa Ukraina memiliki peralatan yang dibutuhkan untuk menuntut serangan balasan ini,” kata Blinken dalam konferensi pers di Meksiko.

Saat bendera Ukraina berkibar di atas kota-kota yang baru dibebaskan, militer Ukraina mengatakan telah membebaskan lebih dari 20 pemukiman dalam 24 jam.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait