Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

20 Sifat Wajib Allah beserta Artinya yang Perlu Kamu Tahu

Kintan Lestari,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
20 Sifat Wajib Allah beserta Artinya yang Perlu Kamu Tahu
Image: Sifat-sifat wajib Allah. (Freepik/pinnacleanimates)

Jakarta - Urbanreaders sudah pada tahu kan kalau ada 20 sifat wajib Allah yang patut kita teladani sebagai seorang muslim.

Tapi pada tahu nggak apa saja sifat wajib Allah? Lalu apa arti dari sifat-sifat Allah tersebut?

Buat yang belum tahu atau lupa nih sama sifat wajib Allah, nih Urbanasia kasih tahu ke kamu sifat-sifat wajib Allah beserta artinya. 

1. Wujud

Wujud yang dalam bahasa Arabnya ﻭﺟﻮﺩ berarti Ada. Maksudnya adalah Allah adalah zat yang berdiri sendiri, dan dia bukan zat yang bergantung pada siapa pun.

2. Qidam

Qidam, yang bahasa Arabnya ﻗﺪﻡ, berarti Awal atau Terdahulu. Itu artinya, Allah adalah zat yang sudah ada sebelum makhluk ciptaannya.

3. Baqa

Sifat wajib Allah adalah Baqa yang artinya Kekal. Sifat ini berarti Allah adalah zat yang kekal atau abadi sehingga tidak akan mati.

4. Mukhalafatuhu lilhawadis 

Kalau sifat yang ini artinya Berbeda dengan Makhluk-nya. Ini menunjukkan sebagai pencipta, Allah tentu berbeda dengan makhluk-makhluk yang ia ciptakan.

5. Qiyamuhu Binafsihi 

Sifat wajib Allah yang satu ini punya arti Berdiri Sendiri, yang mana maksudnya Allah adalah zat yang tidak bergantung pada siapa pun.

6. Wahdaniyah

Wahdaniyah punya arti tunggal atau esa. Ini berarti Allah adalah zat yang tunggal dan tidak punya sekutu.

7. Qudrat

Sifat wajib Allah selanjutnya adalah Qudrat, yang berarti Berkuasa. Dengan demikian, Allah adalah zat yang berkuasa atas segala sesuatunya dan tidak ada yang bisa menandingi kuasa-Nya.

8. Iradat

Kalau sifat yang satu ini punya arti Berkehendak. Maksudnya adalah kalau Allah menghendaki sesuatu, maka kejadian apapun pasti akan terjadi.

9. ‘Ilmun

Sifat 'Ilmun artinya Mengetahui. Ini berarti Allah mengetahui segala sesuatu di muka bumi ini, baik yang tampak di mata manusia maupun yang tidak tampak.

10. Hayat

Hayat artinya Hidup. Ini berarti Allah makhluk yang Maha Hidup yang mana tidak akan pernah tidur dan mati serta kekal abadi.

11. Sam'un

Sifat yang satu ini punya arti Maha Mendengar. Jadi Allah adalah zat yang mendengar suara makhluknya, baik yang diucapkan maupun yang tidak.

12. Basar 

Kalau Sam'un berarti Maha Mendengar, maka sifat Basar berarti Maha Melihat. Itu artinya Allah dapat melihat sesuatu di muka bumi ini karena pandangannya tak terbatas.

13. Kalam

Kalam punya arti Berbicara atau Berfirman. Ini berarti Allah adalah zat yang dapat berbicara dan berkata tanpa bantuan apa pun.

14. Qadiran

Sifat selanjutnya yang dimiliki Allah adalah Qadiran yang artinya Berkuasa. Sifat ini menunjukkan kalau Allah berkuasa atas segala sesuatu di dunia ini.

15. Muridan

Sifat Muridan artinya Berkehendak. Sifat ini menunjukkan kalau Allah sudah berkehendak, maka tidak ada yang akan bisa menolak kehendaknya tersebut.

16. Aliman

Aliman artinya Maha Mengetahui. Allah sebagai pencipta mengetahui apapun yang ada di dunia ini. Jadi tidak ada seorang pun yang bisa menyembunyikan sesuatu dari Allah.

17. Hayyan

Sifat wajib ini punya arti Hidup. Dengan demikian, Allah adalah zat yang tidak pernah tidur, lengah, dan tidak akan mati. Allah akan selamanya kekal.

18. Sami'an

Allah punya sifat Sami'an yang berarti Mendengar. Ini menunjukkan kalau Allah mendengarkan semua yang ada di bumi ini, meskipun itu ada di hati terdalam seseorang.

19. Bashiiran

Kalau sifat Allah yang satu ini artinya Melihat. Itu berarti Allah tidak ada satu pun gerak-gerik makhluknya yang terlewat olehnya.

20. Mutakalliman

Sifat wajib Allah yang terakhir adalah Mutakalliman, yang punya arti berkata-kata atau berfirman. Seperti diketahui Allah menyampaikan firmannya melalui utusannya, yakni para malaikat dan nabi lewat kitab-kitab.

Itu dia 20 sifat wajib Allah yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat, Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait